Selasa 21 Mar 2023 11:19 WIB

Cek Jalur Mudik, Polres Garut: Masih Ada Jalan Rusak

Polres Garut berharap jalan yang kondisinya rusak di jalur mudik bisa diperbaiki.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau ruas Jalan Raya Bandung-Garut di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023).
Foto: Dok. Tim Wagub Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau ruas Jalan Raya Bandung-Garut di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Jajaran Polres Garut mengecek ruas jalan di sejumlah titik yang biasanya menjadi jalur lalu lintas kendaraan pada momen mudik Lebaran. Polres Garut menemukan ruas jalan yang kondisinya rusak.

Kepala Polres (Kapolres) Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro menjelaskan, jajaran polres secara bertahap melakukan pengecekan jalur mudik di sejumlah ruas jalan utama wilayah Kabupaten Garut. Seperti di wilayah selatan.

Baca Juga

Menurut dia, ada sedikit ruas jalan yang kondisinya rusak di wilayah Cikajang, Cisompet, dan Cibalong. “Hasil pengecekan, ada jalan rusak yang perlu diperbaiki,” kata dia kepada wartawan di Garut, Senin (20/3/2023).

Polisi juga melakukan pengecekan jalur mudik di wilayah Caringin dan Pameungpeuk. “Caringin, Pameungpeuk, sudah bagus,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, pengecekan juga dilakukan di jalur wilayah tengah dan utara. Berdasarkan hasil pengecekan, kata dia, ada ruas jalan kabupaten, provinsi, maupun nasional yang perlu diperbaiki.

Ihwal jalur di wilayah tengah Garut, Kapolres mengatakan, pihaknya mendapat laporan ada upaya perbaikan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di wilayah Leles dan Kadungora. “Koordinasi dengan dinas terkait dan dapat laporan untuk wilayah Kadungora sudah dilakukan pengupasan aspal," katanya.

Kapolres meminta kontraktor pembangunan jalan tersebut agar melakukan pekerjaan sesuai rencana dan sesuai target. Diharapkan proyek bisa tuntas sebelum momen arus mudik atau Idul Fitri.

“Kami meminta kepada yang memegang proyek tersebut agar segera menyelesaikan, agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas perjalanan dengan aman, tidak ada macet lagi,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, pengecekan juga dilakukan di jalur nasional Tasikmalaya atau sampai Malangbong, perbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Ia mengatakan, hasil pengecekan ini akan menjadi catatan dalam rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah daerah untuk persiapan momen mudik.

“Hasil peninjauan kami akan disampaikan juga dalam pelaksanaan rakor di tingkat Kabupaten Garut. Kita akan mengundang semua pihak terkait untuk melaksanakan rapat koordinasi,” kata Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement