Jumat 31 Mar 2023 22:35 WIB

Tol Bocimi Seksi 2 Dinilai Siap untuk Lalu Lintas Mudik Lebaran

Pengoperasian dua jalur Tol Bocimi Seksi 2 disebut sifatnya bisa situasional.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 di Cigombong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (11/4/2021).
Foto: ANTARA /Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 di Cigombong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (11/4/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Dua jalur Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 saat ini dilaporkan dalam tahap penyelesaian. Namun, jalur tersebut dinilai siap jika akan digunakan untuk arus lalu lintas kendaraan saat momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

“Dua jalur yang siap dioperasikan adalah jalur Cigombong-Cibadak dengan eksit tol di Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,” kata Humas PT Waskita Karya Edi Abas di Sukabumi, Jumat (31/3/2023).

Namun, Edi mengatakan, untuk pengoperasian dua jalur Tol Bocimi Seksi 2 itu, pihaknya masih menunggu koordinasi pihak kepolisian dengan Trans Jabar Tol (TJT).

“Untuk pengoperasian jalan tol ini sifatnya situasional. Tergantung pihak kepolisian memberikan instruksi untuk pembukaan dua jalur jalan tol seksi 2 itu kepada TJT karena PT Waskita Karya hanya bertugas pada pengerjaan pembangunan jalan,” kata dia.

Edi mengakui saat ini masih ada beberapa yang harus disempurnakan, seperti gerbang tol dan jalur jalan nasional setelah eksit tol di Sundawenang.

Namun, ia memastikan jalur Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak dengan eksit tol di Sundawenang itu siap jika akan digunakan untuk arus mudik Lebaran.

Menurut Edi, ruas jalan tol ini pernah difungsikan saat momen libur Natal dan tahun baru lalu. Akan tetapi, hanya satu jalur.

Kala itu, ia mengatakan, saat momen libur kendaraan hanya bisa masuk dari arah Bogor menuju Sukabumi. Adapun saat arus balik hanya dari Sukabumi menuju Bogor.

Pada momen arus mudik Lebaran ini, Edi menilai, dua jalur Tol Bocimi Seksi 2 bisa difungsikan sekaligus. Dengan begitu, menurut dia, diharapkan juga dapat mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalur utama mudik Sukabumi-Bogor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement