Ahad 02 Apr 2023 10:33 WIB

Warga Bandung Barat Apresiasi Pasar Murah Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menjadwalkan Pasar Murah di sejumlah kecamatan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pasar Murah.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Pasar Murah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sejumlah warga mengapresiasi agenda Pasar Murah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat, Jawa Barat, pada bulan Ramadhan ini. Warga berharap Pasar Murah bisa digelar rutin.

Setelah di Kecamatan Cipeundeuy dan Cipongkor, Pemkab Bandung Barat menggelar Pasar Murah di Kecamatan Padalarang, Sabtu (1/4/2023). Kegiatan Pasar Murah dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Padalarang.

Salah satu warga, Neneng Nurhayati, mengaku terbantu dengan adanya Pasar Murah ini. Ia bisa mendapatkan sejumlah bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau. Seperti beras.

Alhamdulillah, sangat membantu. Sekarang kan harga nuju marahal (sedang mahal). Dengan adanya bantuan ini, jadi meringankan,” ujar Neneng.

Pada Pasar Murah ini disediakan paket berisi beras lima kilogram, minyak goreng dua liter, dan gula satu kilogram. Paket dijual dengan harga Rp 71.500. “Ini, kalau tidak (bulan) puasa, beras bisa sepekan. Kalau puasa, lumayan bisa dua kalinya,” kata Neneng.

Nur, warga Kecamatan Padalarang, merasa senang bisa mendapatkan sejumlah bahan pokok dengan harga di bawah normal. Ia pun berharap pemkab rutin mengadakan Pasar Murah.

Alhamdulillah, sangat senang dan terbantu sekali ada program ini, dengan harga Rp 71.500. Harapannya ingin ada lagi dan lebih banyak lagi, termasuk isinya (paket),” ujar Nur.

Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menjelaskan, paket bahan pokok yang disediakan pada Pasar Murah ini mendapat subsidi dari pemerintah, sehingga bisa dijual dengan harga di bawah normal.

“Harga normalnya Rp 115.500, kami subsidi Rp 44.000, jadi masyarakat hanya membayar Rp 71.500. Dengan melihat manfaatnya, mudah-mudahan kalau harga masih mengalami kenaikan, kita bisa tambah pasar murah ini dengan ambil dari biaya tidak terduga (BTT),” ujar Bupati.

Pemkab Bandung Barat sementara ini menyiapkan total 28 ribu paket bahan pokok untuk agenda Pasar Murah di sembilan titik. Pelaksanaannya melibatkan aparatur desa untuk memilah warga yang benar-benar membutuhkan.

“Harapannya masyarakat terbantu karena kami menyadari dengan kondisi Ramadhan ini kebutuhan sembako naik. Ditambah kita juga harapannya ingin menekan inflasi, mencegah kenaikan harga barang terlalu tinggi,” kata Bupati.

Agenda Pasar Murah pada bulan Ramadhan masih akan berlanjut di Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan informasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, berikut rencana waktu pelaksanaan Pasar Murah:

1. Sabtu, 25 Maret 2023, di Kecamatan Cipeundeuy.

2. Rabu, 29 Maret 2023, di Kecamatan Cipongkor.

3. Sabtu, 1 April 2023, di Kecamatan Padalarang.

4. Selasa, 4 April 2023, di Kecamatan Cisarua.

5. Selasa, 4 April 2023, di Kecamatan Parongpong.

6. Selasa, 4 April 2023 di Kecamatan Lembang.

7. Jumat, 7 April 2023, di Kecamatan Padalarang.

8. Jumat, 7 April 2023, di Kecamatan Ngamprah.

9. Kamis, 13 April 2023, di Kecamatan Cililin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement