Selasa 04 Apr 2023 16:55 WIB

BSI Gandeng Masjid Salman ITB Tingkatkan Literasi Perbankan Syariah

Masyarakat sebagian besar belum begitu paham tentang perbankan syariah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gema Ramdhan yang digelar BSI di Masjid Salman ITB mengangkat tema Ramadhan Mengajarkan Nilai Kehidupan
Foto: Istimewa
Gema Ramdhan yang digelar BSI di Masjid Salman ITB mengangkat tema Ramadhan Mengajarkan Nilai Kehidupan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bekerja sama dengan YPM Salman ITB, P3RI, dan Rumah Amal, menggelar kegiatan BSI Gema Ramadan 1444 H di Masjid Salman ITB, Senin (3/4/2023). Kegiatan Gema Ramadhan tahun ini dengan tema “Ramadhan Mengajarkan Nilai Kehidupan” menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi perbankan syariah, sekaligus mendorong kinerja bisnis dan transaksi syariah selama bulan Ramadhan.

“Masyarakat sebagian besar belum begitu paham tentang perbankan syariah. Oleh karenanya, kami hadir untuk mengedukasi masyarakat mengenai perbankan syariah,” ujar Regional CEO BSI Region VI Bandung, Alhuda Djanis, 

Djanis mengatakan, aktivitas perbankan seharusnya tidak hanya sekadar hubungan antara nasabah dan bank, simpan-pinjam, mendapatkan dana, tetapi juga ada usur kemitraan. Dalam hal ini, BSI bermitra dengan UMKM, memberdayakan yatim, juga dhuafa untuk mendapatkan keberkahan dan kebermanfaatan lebih.

Hal ini juga, kata dia, sejalan dengan program-program perberdayaan dan pembinaan di Masjid Salman ITB dan Rumah Amal. Penerima manfaat tidak hanya mendapatkan benefit nominal, tetapi ada nilai lebih yakni membuat para penerima manfaat jadi lebih berdaya.

“Program-program P3RI Masjid Salman ITB dalam keberjalananya didukung oleh Rumah Amal," ujar Direktur Rumah Amal, Agis Nurholis.

Menurut Agis, pihaknya berkomitmen agar penerima manfaat tidak hanya mendapatkan benefit nominal. Tetapi, mereka juga harus lebih berdaya dan memberikan kebermanfaatan meskipun sedikit.

Masjid Salman ITB sendiri, menjadi  1 dari 17 titik masjid di Indonesia untuk terlaksanakanya kegiatan Gema Ramadhan. Saat ini masjid bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga telah berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar. Khususnya Masjid Salman ITB yang dinilai sangat strategis dan memiliki pangsa pasar yang kondusif.

Oleh karena itu, Alhuda mengajak, masyarakat untuk ikut serta meramaikan acara BSI Gema Ramadhan di Masjid Salman ITB yang digelar mulai dari tanggal 3 April hingga 14 April mendatang.

Kegiatannya beragam, mulai dari kajian ramadhan, bazzar dan kuliner dari 21 UMKM Bandung, berbagi takjil, juga lomba-lomba seputar Ramadhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement