Selasa 04 Apr 2023 23:23 WIB

Jasa Marga akan Gratiskan Tol Jakarta-Cikampek dan Solo-Yogyakarta Saat Mudik 2023

Seluruh jalur dan akses fungsional diperuntukan kendaraan pribadi, non bus, non truk.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Karta Raharja Ucu
Tol Jakarta Cikampek. PT Jasa Marga akan gratiskan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dan Solo-Yogyakarta selama Mudik 2023.
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Tol Jakarta Cikampek. PT Jasa Marga akan gratiskan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dan Solo-Yogyakarta selama Mudik 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) memastikan akan ada dua jalur di dua tolnya yang dibuka fungsional pada masa angkutan mudik 2023 secara gratis. Jalur yang dibuka fungsional gratis tersebut berada di Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dan Solo-Yogyakarta.

"Untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan dua opsi yaitu dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, Senin (3/4/2023).

Sementara jalur yang dibuka fungsional secara gratis di Tol Solo–Yogyakarta yakni dari Kartasura (GT Colomadu) hingga Jalan Sawit sepanjang 6 kilometer. Selain itu, Jasa Marga juga menyiapkan fungsional Akses kilometer 99 Jalan Tol Cipularang dan pengoperasian fungsional Akses kilometer 49 Jalan Tol Padaleunyi.

"Seluruh jalur dan akses fungsional diperuntukan khusus kendaraan pribadi golongan satu non bus dan non truk dibuka berdasarkan diskresi Kepolisian,” ucap Lisye.

Jasa Marga memproyeksikan puncak arus mudik jatuh pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau pada 19 April 2023. Dengan lalu lintas mencapai 138 ribu kendaraan di kilometer 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan dari Trans Jawa dan Cipularang, naik 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal pada 2022.

Sedangkan untuk prediksi puncak arus balik jatuh pada H+2 atau 25 April 2023. "Ini dengan lalu lintas mencapai 178 ribu kendaraan di kilometer 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek naik 237 persen dibandingkan dengan lalu lintas periode normal 2022,” ujar Lisye.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement