Rabu 05 Apr 2023 14:07 WIB

Arus Mudik, 200 Bus Disiapkan di Terminal Kota Sukabumi

Diprediksi terjadi peningkatan penumpang di terminal pada hari pertama cuti bersama.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: ist
Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Terminal KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, Jawa Barat, disiapkan menghadapi momen arus mudik dan balik Lebaran 2023. Saat ini, kondisi lalu lintas penumpang di terminal tipe A itu disebut masih normal.

“Bus di Terminal Sukabumi sudah disiapkan untuk arus mudik dan balik Lebaran,” ujar Kepala Terminal KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, Yukky Rahmat Yunus, Rabu (5/4/2023).

Menurut Yukky, sementara ini disiapkan sekitar 200 bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP), baik untuk kedatangan maupun keberangkatan. Ia mengatakan, jumlah bus yang disiapkan untuk arus mudik ini masih sama seperti hari biasa.

Saat ini, kondisi penumpang di Terminal KH Ahmad Sanusi masih terbilang normal. Yukky mengatakan, diperkirakan lonjakan penumpang terjadi pada hari pertama cuti bersama, yaitu 19 April 2023. Dari pengalaman tahun sebelumnya, rata-rata tujuan pemudik ke wilayah Bandung, Banjar, hingga ke daerah di Jawa Tengah.

Menurut Yukky, saat momen arus mudik, Terminal KH Ahmad Sanusi biasanya kedatangan pemudik dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Mereka nantinya melanjutkan mudik ke daerah selatan Sukabumi.

Pada momen arus balik, Yukky mengatakan, Terminal KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi diperkirakan akan lebih ramai dibandingkan dengan arus mudik. Karena, biasanya banyak pemudik akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya melalui Terminal KH Ahmad Sanusi. “Mungkin pada saat ini ada penambahan jumlah bus,” kata Yukky. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement