Ahad 16 Apr 2023 15:41 WIB

Wapres Apresiasi Kegiatan Bubos di Jabar

Gubernur Jabar menyebut pada Bubos kali ini dibagikan 1,4 juta rantang makanan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Petugas membagikan bingkisan Rantang Cinta kepada warga saat puncak acara
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petugas membagikan bingkisan Rantang Cinta kepada warga saat puncak acara "Bulan Berbagi On The Street (Bubos) ke-7 di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/4/2023). Pada puncak kegiatan yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Bank BJB ini disebut dibagikan 1.442.425 buah Rantang Cinta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengapresiasi kegiatan “Bulan Berbagi On The Street” (Bubos) yang digelar di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Bubos dinilai menunjukkan rasa kemanusiaan masyarakat Jabar yang tinggi, yang mencerminkan perilaku masyarakat Indonesia secara umum.

“Sifat tolong-menolong dan berbagi untuk kebaikan adalah cerminan kesalehan dalam mengamalkan ajaran agama, sekaligus diterima sebagai budaya yang luhur,” kata Wapres, dalam sambutan virtualnya, saat puncak acara Bubos ke-7, yang digelar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/4/2023).

Wapres berharap sifat kedermawanan tersebut selalu ditunjukkan, tidak hanya saat momen Bubos ataupun bulan Ramadhan. “Sifat kedermawanan ini terus ditunjukkan di bulan lain, selain Ramadhan, utamanya dalam membantu warga yang kekurangan maupun yang sedang tertimpa musibah,” ujar Wapres.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, dulu konsep Bubos itu berbagi dan buka puasa bersama. Tahun ini difokuskan pada berbagi bersama. Sebagaimana arahan presiden, kepala daerah dan aparatur sipil negara (ASN) diminta tidak menggelar kegiatan buka bersama.

“Bubos 7 tidak ada buka puasa bersama, tetapi lebih kepada menggerakkan masyarakat saling berbagi satu sama lain,” ujar gubernur yang akrab disapa Emil itu.

 

 

photo
Petugas membagikan Rantang Cinta kepada warga saat puncak acara Bubos ke-7 di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (18/4/2023). - (Edi Yusuf/Republika)

 

Bubos 7 mengangkat tema “Bertasbih” atau Berbagi Cinta, Berkah, dan Kasih. Emil menyebut pada acara puncak Bubos tahun ini terkumpul sekitar 1,4 juta rantang berisi makanan di 27 kabupaten/kota wilayah Jabar. Terbanyak disebut di Kabupaten Subang, sekitar 160 ribu rantang.

“Rekor, tercapai 1,4 juta rantang, dibagikan dari mereka yang mampu kepada yang tidak mampu di 27 kabupaten/kota,” kata Emil.

Menurut Emil, Bubos ini tidak hanya digelar di Provinsi Jabar. Ia mengatakan, ada juga warga Jabar yang menggelar kegiatan serupa di Provinsi Lampung dan Nusa Tenggara Barat, bahkan di Australia dan Jepang.

“Tidak ada batas wilayah, semua adalah bumi Allah. Di mana ada kemanusiaan, di situ kita berbuat kebaikan,” ujar Emil.

Selain kegiatan berbagi, pada puncak acara Bubos 7 digelar final Kontes Juara Anak Saleh, pasar murah, bazar Ramadhan, panggung hiburan, sapa warga Jabar, juga Ngabuburide FKPD Berbagi.

 

photo
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Ketua Umum Bubos 7 Atalia Praratya menyerahkan hadiah kepada pemenang Kontes Juara Anak Soleh (Koas) saat puncak acara Bubos ke-7 di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (18/4/2023). - (Edi Yusuf/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement