Selasa 18 Apr 2023 19:47 WIB

Tim Ganjal Ban Disiagakan di Jalur Gentong Tasikmalaya

Polres Tasikmalaya Kota melibatkan warga sekitar untuk menjadi tim ganjal ban.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi tanjakan di jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kondisi tanjakan di jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Polres Tasikmalaya Kota memantau lalu lintas pemudik di jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mengantisipasi kendaraan yang kesulitan saat di jalur menanjak, polisi menyiagakan tim ganjal ban.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, kepadatan arus lalu lintas kendaraan di jalur Gentong biasanya terjadi pada arus balik. Pasalnya, kontur jalan di jalur Gentong dari arah Tasikmalaya menuju Garut itu menanjak.

Baca Juga

Tak jarang kemacetan terjadi karena ada kendaraan yang tak kuat menanjak. “Kami sudah mengimbau para pemudik agar menyiapkan kendaraan saat melintasi jalur Gentong karena jalurnya berat,” kata Tejo, Selasa (18/4/2023).

Mengantisipasi kendaraan yang mengalami kesulitan menanjak, polisi menyiagakan tim ganjal ban. “Tim ganjal ada 70 orang. Mereka akan siaga di Gentong atas dan Gentong bawah. Kami berdayakan warga sekitar untuk membantu,” kata Tejo.

Tejo mengatakan, tim ganjal berperan penting untuk merespons kendaraan yang kesulitan menanjak agar tidak mundur ke belakang. “Ini adalah salah satu cara kita untuk menghindari kecelakaan,” katanya.

Selain tim ganjal, menurut Tejo, pihaknya juga menyiapkan bengkel mobil di Pos Terpadu Leter U Jalur Gentong untuk mengantisipasi kendaraan yang mengalami kendala saat di tanjakan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement