Jumat 21 Apr 2023 04:05 WIB

Wisata di Pangandaran saat Momen Libur Lebaran

Di Pangandaran tersedia jalan yang menghubungkan sejumlah kawasan wisata pantai.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Suasana Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, bisa menjadi pilihan untuk berwisata saat momen libur Idul Fitri 2023. Selama ini kawasan wisata pantai di Pangandaran biasanya menjadi tujuan favorit wisatawan.

Pada momen Lebaran tahun lalu, berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran, kunjungan ke lima objek wisata mencapai total 669.774 orang. Lima objek wisata itu adalah Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaras, dan Green Canyon.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan pada momen Lebaran 2023 ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. “Kita sangat siap menerima kehadiran wisatawan di Pangandaran,” kata Bupati.

Mengacu data Lebaran tahun lalu, Pantai Pangandaran masih menjadi primadona wisatawan, dengan tingkat kunjungan mencapai 515.716 orang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berharap tingkat kunjungan wisatawan lebih merata ke kawasan wisata pantai lainnya.

 

Untuk itu, salah satu upaya Pemkab Pangandaran mendorong pembangunan jalan lintas pantai. Jalan baru itu sudah dikenalkan awal Maret lalu. Jalan tersebut menghubungkan kawasan wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang dan Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak.

“Selama ini pengunjung terkonsentrasi di Pantai Pangandaran. Dengan lintas pantai ini, wisatawan akan lebih merata,” ujar Bupati, saat mengenalkan jalan lintas pantai itu.

Tiket Terusan

Dengan adanya fasilitas jalan lintas pantai itu, Pemkab Pangandaran menggulirkan sistem tiket terusan menyambut momen libur Lebaran 2023. Tiket terusan itu diberlakukan untuk tiga kawasan pantai, mencakup Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, dan Pantai Batukaras.

“Karena ada jalan baru, akses dari satu titik ke titik lain makin mudah, dibuat tiket terusan. Adanya jalan baru juga akan menjadi daya tarik untuk wisatawan mencoba spot lain,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari kepada Republika, Kamis (13/4/2023). 

Menurut Tonton, pemberlakuan tiket terusan itu juga diharapkan dapat memecah keramaian wisatawan pada momen libur panjang, yang biasanya terpusat di kawasan Pantai Pangandaran. “Dengan diberlakukannya tiket terusan diharapkan dapat menyebarkan kunjungan wisatawan ke Pantai Batu Hiu dan Pantai Batukaras,” ujar Tonton.

Harga tiket normal untuk wisata Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, dan Pantai Batukaras jika dijumlahkan mencapai Rp 29 ribu per orang. Dengan tiket terusan, harganya menjadi Rp 20 ribu per orang. “Dengan membeli tiket terusan, harganya jadi lebih murah,” ujar Tonton

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement