Ahad 23 Apr 2023 12:47 WIB

H+2 Lebaran Pelabuhan Kali Adem Dipenuhi Warga yang Ingin Wisata ke Kepulauan Seribu

Dinas Perhubungan perketat pengawasan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Karta Raharja Ucu
Petugas kebersihan melintas di depan gedung Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Petugas kebersihan melintas di depan gedung Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara dipadati penumpang pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 2023, Ahad (23/4/2022). Mayoritas penumpang yang berada di Pelabuhan Kali Adem untuk berwisata ke Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

“Total ada 19 kapal yang terdiri dari 17 kapal tradisional dan dua kapal Dinas Perhubungan yang dioperasikan mengangkut total 3.030 orang penumpang pada hari kedua Idul Fitri ini," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Arif Toha dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (23/4/2023).

Arif menyebut saat libur Lebaran banyak warga yang berwisata bersama keluarga. Pelabuhan Kaliadem yang melayani rute ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat.

“Di masa libur Lebaran ini banyak masyarakat yang berlibur ke Kepulauan Seribu, kita layani dengan maksimal masyarakat yang akan berwisata namun aspek keselamatan tetap harus diutamakan,” ungkap Arif.

Arif mengingatkan Syahbandar, stakeholder, dan petugas di lapangan untuk memastikan aspek-aspek keselamatan sudah terpenuhi seperti kapal yang sudah dinyatakan layak melaut. Dia pun menegaskan, lifejacket harus sesuai dengan kapasitas kapal, jumlah penumpang yang tidak melebihi kapasitas, dan memastikan cuaca mendukung untuk berlayar.

“Saya minta syahbandar dan petugas terkait lainnya jangan lengah dengan keselamatan, saya minta aspek-aspek keselamatan benar-benar diperhatikan baik sarana dan prasarananya,” kata Arif.

Arif juga mengingatkan agar masyarakat membeli tiket secara online agar menghindari terjadinya antrean di loket pembelian tiket serta memastikan agar penumpang dapat terangkut dikarenakan sudah mendapatkan tiket untuk berlayar. Dia menegaskan, untuk pelayaran seperti Kali Adem ke Kepulauan Seribu ini diwajibkan para penumpang menggunakan life jacket di atas kapal.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement