Senin 24 Apr 2023 00:10 WIB

Polres Majalengka Antisipasi Kejahatan di Objek Wisata saat Libur Lebaran

Polres Majalengka menyiagakan personel di sejumlah objek wisata.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Polres (Kapolres) Majalengka AKBP Indra Novianto.
Foto: Dok Humas Polres Majalengka
Kepala Polres (Kapolres) Majalengka AKBP Indra Novianto.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Polisi ikut menjaga keamanan di sejumlah lokasi wisata wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada momen libur Lebaran 2023. Polres Majalengka mengantisipasi gangguan keamanan atau tindak kejahatan di kawasan wisata.

“Kita siagakan personel di sejumlah titik rawan tindak kejahatan di setiap kawasan objek wisata yang ada di wilayah hukum Polres Majalengka,” kata Kepala Polres (Kapolres) Majalengka AKBP Indra Novianto, Ahad (23/4/2023).

Di Kabupaten Majalengka ada sejumlah kawasan wisata yang biasa menjadi tujuan wisatawan. Destinasi wisata ini utamanya tersebar di wilayah Kecamatan Argapura, Sindangwangi, Rajagaluh, Kecamatan Majalengka, Sukahaji, dan Cikijing.

Salah satu objek wisata yang dinilai favorit adalah Situ Cipanten. Pada hari kedua Lebaran, objek wisata tersebut dilaporkan dikunjungi sekitar 2.500 wisatawan dari berbagai daerah. 

Kapolres mengatakan, polisi berupaya memastikan keamanan dan kelaikan setiap wahana wisata untuk membuat wisatawan lebih merasa aman dan nyaman.

Menurut Kapolres, meningkatnya mobilitas masyarakat pada libur lebaran ini dapat menimbulkan kerawanan tersendiri. Selain rawan tindak kejahatan, seperti copet, jambret, pencurian kendaraan bermotor, dan uang palsu, ada potensi kemacetan arus lalu lintas kendaraan.

Mengantisipasi kemacetan dan peningkatan jumlah pengunjung, Polres Majalengka berkoordinasi dengan pengelola objek wisata untuk melakukan pengaturan.

“Kalau objek wisata itu penuh, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas di lokasi objek wisata tersebut. Apalagi saat sore, kita antisipasi ketika pengunjung kembali pulang, itu paling ramai,” ujar Kapolres.

Kapolres mengimbau masyarakat yang hendak mengunjungi lokasi wisata untuk selalu memperhatikan kondisi fisik, juga kendaraan. “Jangan membawa barang-barang yang berlebihan, termasuk perhiasan, karena itu bisa memancing terjadinya tindakan kriminalitas,” kata Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement