Senin 24 Apr 2023 14:35 WIB

Pantai Sayang Heulang Garut Dikunjungi Ribuan Wisatawan

Pengelola wisata Pantai Sayang Heulang menyiapkan tempat parkir kendaraan wisatawan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (23/4/2023).
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut.
Suasana Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (23/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Pantai Sayang Heulang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah dikunjungi ribuan wisatawan pada momen libur Lebaran 2023. Wisatawan yang mengunjungi pantai di Kecamatan Pameungpeuk itu bukan hanya berasal dari Garut, tapi juga dari luar daerah.

Salah seorang wisatawan asal Bandung, Lusi (28 tahun), mengaku mengunjungi Pantai Sayang Heulang untuk berlibur sekalian mudik ke Kabupaten Garut. “Saya mudik ke Cikajang, jadi sekalian ke sini,” kata dia, Senin (24/4/2023).

Baca Juga

Menurut Lusi, kondisi Pantai Sayang Heulang saat ini lebih bagus dari sebelumnya. Sejumlah fasilitasnya pun lebih terawat.

Pengunjung lainnya, Ipan (31), menilai, Pantai Sayang Heulang mempunyai pemandangan yang bagus. Selain itu, harga tiketnya pun dinilai terjangkau. Untuk masuk ke kawasan pantai tersebut pengunjung dikenakan tiket dengan harga Rp 10 ribu per orang.

“Harapannya Pantai Sayang Heulang bisa terus dirawat dan juga pengelolaan sampah bisa terus diperbaiki,” ujar wisatawan asal Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, itu.

 

photo
Suasana Pantai Sayang Heulang, Ahad (23/4/2023). - (Dok. Diskominfo Kabupaten Garut.)

 

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pariwisata Pantai Sayang Heulang, Santolo, dan Rancabuaya, Ate Sutanto, hingga hari kedua Lebaran jumlah wisatawan yang mengunjungi Pantai Sayang Heulang mencapai 5.000 orang.

“Ada peningkatan 20 persen pengunjung dibanding libur Lebaran tahun kemarin. Namun, kondisi di lokasi wisata berjalan aman dan terkendali,” kata Ate, Senin (24/4/2023).

Menurut Ate, dilihat dari nomor kendaraan, wisatawan yang mengunjungi Pantai Sayang Heulang tak hanya dari Kabupaten Garut. Ada juga dari daerah lain, seperti Bandung dan Jakarta. “Saya lihat pelat A juga dari Banten, pelat AB dari Yogyakarta juga ada. Variatif,” ujarnya.

Ate mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan wisatawan pada momen libur Lebaran kali ini. Karena itu, kata dia, sejumlah potensi masalah diantisipasi, termasuk soal parkir kendaraan wisatawan.

Menurut Ate, sudah disiapkan sejumlah kantong parkir di sekitar area wisata Pantai Sayang Heulang. “Kami sudah menyiapkan kantong parkir sekiranya di dalam sudah terjadi kemacetan,” kata dia.

Berantas Premanisme

Komandan Batalyon (Danyon) D Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kompol Iyus Ali Yusuf mengatakan, pihaknya membantu pengamanan sejumlah objek wisata di kawasan pantai selatan Jabar, baik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, maupun Kabupaten Pangandaran.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement