Senin 24 Apr 2023 23:02 WIB

Wisatawan TWA Tangkuban Parahu Disebut Naik 30 Persen

TWA Tangkuban Parahu dikunjungi wisatawan dari luar daerah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Area Kawah Ratu Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Area Kawah Ratu Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat, menjadi salah satu tujuan wisatawan yang liburan Lebaran. Jumlah wisatawan yang mengunjungi TWA Tangkuban Parahu pun mengalami peningkatan.

Berdasarkan informasi dari pengelola TWA Tangkuban Parahu, kunjungan wisatawan pada akhir pekan biasa mencapai rata-rata 2.000 orang per hari.

Baca Juga

“Untuk data kunjungan (libur Lebaran 2023), ada kenaikan 30 persen. Sementara pada Lebaran 2022 kenaikannya 15 persen dibanding hari biasa,” ujar Direktur Operasional TWA Tangkuban Parahu, Ruslan Kaban, Senin (24/4/2023).

Menurut Ruslan, pada momen libur Lebaran ini ada wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi TWA Tangkuban Perahu, bahkan dari luar Jawa. Seperti dari Jambi, Riau, Lampung, dan Palembang. “Sedangkan untuk (wisatawan asal) Jawa sendiri didominasi sejauh ini oleh warga Jabodetabek,” kata dia.

Daya tarik TWA Tangkuban Parahu, antara lain pemandangan kawah. Salah satunya Kawah Ratu, yang berbentuk seperti mangkuk dengan kedalaman sekitar 500 meter dari permukaan tanah. Di area belakang Kawah Ratu ada Kawah Upas. Ada juga Kawah Domas, yang memiliki sumber mata air panas alami dan dapat dikunjungi wisatawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement