Selasa 25 Apr 2023 16:14 WIB

PHRI: Hotel di Pantai Pangandaran Penuh, Rumah Warga Disewa

Hotel di Pangandaran diperkirakan masih ramai pengunjung hingga Ahad mendatang.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Hotel di Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Horison Palma Pangandaran
(ILUSTRASI) Hotel di Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Okupansi kamar hotel di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami peningkatan pada momen libur Idul Fitri 2023. Bahkan, dari informasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, rumah warga ada juga yang disewa untuk penginapan.

Menurut Ketua PHRI Kabupaten Pangandaran Agus Mulyana mengatakan, peningkatan okupansi atau keterisian kamar hotel mulai terjadi sejak H+1 Lebaran atau Ahad (23/4/2023). Puncaknya disebut pada Senin (24/4/2023), khususnya di hotel sekitar kawasan wisata Pantai Pangandaran dan Batukaras.

“H+1 ada, tapi tak terlalu signifikan, sekitar 40-60 persen. Namun, sejak H+2 itu di Pantai Pangandaran hotel penuh seratus persen, sampai rumah penduduk juga disewa,” kata Agus kepada Republika, Selasa (25/4/2023).

Sementara di kawasan pantai lainnya disebut masih tersedia kamar hotel. Agus mencontohkan di hotel kawasan sekitar wisata Pantai Karapyak. “Mungkin secara keseluruhan okupansi ada di posisi 90 persen,” ujar dia.

 

Menurut Agus, tingginya okupansi hotel di Kabupaten Pangandaran saat ini dipengaruhi, antara lain oleh kabar yang beredar di masyarakat. Ia menilai, kabar yang beredar, khususnya di media sosial, terbilang kondusif. Tidak seperti pada momen liburan sebelumnya di mana tersebar kabar hoaks.

Agus memprediksi okupansi hotel di Pangandaran masih akan tinggi hingga akhir pekan nanti. Apalagi, Senin pekan depan tanggal merah Hari Buruh.

“Jadi, perkiraan saya sampai hari Ahad. Apalagi Presiden sudah mengarahkan ASN menyesuaikan waktu balik dengan cuti tambahan,” ujar Agus.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement