Sabtu 16 Dec 2023 14:44 WIB

Antisipasi Macet Libur Nataru, Disiapkan Rekayasa Lalu Lintas di Pantai Pangandaran

Polres Pangandaran menyiapkan pola satu arah di beberapa jalan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Dok. Republika
(ILUSTRASI) Suasana di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Polres Pangandaran, Jawa Barat, menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di kawasan wisata saat momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Salah satunya di kawasan wisata Pantai Pangandaran.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran akan meningkat saat masa libur panjang, termasuk momen libur Nataru.

Baca Juga

“Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan di kawasan Pantai Pangandaran. Ada beberapa jalan di Pantai Pangandaran yang disiapkan untuk satu arah,” kata Asep, Sabtu (16/12/2023).

Polisi juga akan mengatur lalu lintas kendaraan besar, seperti bus dan truk. Asep mengatakan, disiapkan kantong parkir untuk kendaraan besar di Lapang Katapang Doyong dan Pasar Wisata. Kendaraan besar itu nantinya tak diperbolehkan masuk ke jalan yang berada di sisi pantai.

 

Menurut Asep, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha di Pantai Pangandaran dan juga melalui media sosial. Selain itu, membuat rambu-rambu tambahan untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas. 

“Kami juga telah memberikan imbauan kepada para pelaku usaha ATV dan odong-odong agar tetap mematuhi rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan. Kalau lancar kan mereka juga yang terbantu,” kata Asep.

Selain di kawasan Pantai Pangandaran, Asep mengatakan, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di jalur arteri. Namun, menurut dia, kepadatan di jalur arteri itu biasanya akan terjadi saat arus balik.

“Rencananya kami akan melakukan one way sepenggal seandainya terjadi kepadatan. Ketika arus balik jam 11.00-14.00 WIB, arus akan kami buat satu arah sepenggal untuk mengurai kendaraan keluar,” kata Asep.

Asep mengatakan, Satlantas Polres Pangandaran juga menyiapkan tim urai untuk menanangani potensi kemacetan arus lalu lintas kendaraan di wilayah sekitar objek wisata Green Canyon dan Pantai Batukaras.

Ia mengatakan, pihaknya akan berupaya maksimal agar wisatawan yang datang ke Pangandaran dapat menikmati liburan tanpa banyak terganggu kemacetan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement