Ahad 30 Apr 2023 14:35 WIB

One Way Arus Kendaraan Diterapkan dari Puncak Arah Jakarta

Ribuan kendaraan dilaporkan melintasi jalur Puncak Bogor.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Arus lalu lintas kendaraan saat penerapan one way di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (30/4/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Arus lalu lintas kendaraan saat penerapan one way di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (30/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Skema satu arah arus kendaraan (one way) diterapkan untuk mengatur lalu lintas kendaraan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Pada Ahad (30/4/2023), skema one way diterapkan dari jalur Puncak menuju arah Jakarta.

Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Bogor menerapkan one way arah Jakarta sejak sekitar pukul 11.15 WIB. 

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatakan, sebelumnya mulai pukul 07.30 WIB diterapkan one way dari arah Jakarta menuju jalur Puncak.

Kemudian di sekitar objek wisata Gunung Mas dan Masjid Atta’awun banyak kendaraan roda dua yang hendak kembali ke arah Jakarta, sehingga menghambat arus kendaraan yang akan menuju ke arah atas atau Puncak.

“Kita kan tadi melaksanakan one way ke arah atas. Karena roda dua menghambat one way, maka kami putuskan mengurangi arus ke atas, sehingga pukul 11.15 WIB tadi dilakukan penutupan dan diberlakukan one way ke arah bawah,” kata Ardian ketika ditemui Republika di Simpang Gadog, Ahad (30/4/2023).

Sementara akses masuk menuju jalur Puncak, baik dari arah Ciawi maupun Exit Tol Gadog, ditutup.

Menurut Ardian, pada masa libur akhir pekan ini jumlah pengguna kendaraan roda dua lebih banyak dibandingkan roda empat. Bahkan, jumlahnya diperkirakan bisa tiga kali lipat ketimbang kendaraan roda empat.

“Roda empat pagi tadi kami himpun kurang lebih yang masuk 6.000 sampai 8.000 kendaraan,” kata Ardian.

Ardian mengatakan, saat ini pihaknya masih memprioritaskan one way arus kendaraan menuju Jakarta, sembari melihat kondisi di lapangan.

“Prediksi arus balik mudik Lebaran itu sudah berjalan hari Selasa, Rabu, Kamis (lalu). Kemungkinan arus balik yang sudah turun melintasi kawasan wisata Puncak di hari Sabtu Minggu lebih dominan di arus wisata,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement