Senin 01 May 2023 23:17 WIB

Puluhan Rescuer Gelar Silaturahim dan Doa untuk Almarhum Bimo Triyantomo yang Gugur

Acara ini untuk membangun kohesi antar pegiat dan potensi SAR Jabar

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Jabar Quick Response (JQR) menggelar silaturahmi rescuer (pegiat dan potensi SAR) se-Jawa Barat yang dihadiri 77 organisasi yang diselenggarakan di GOR Saparua, Kota Bandung, akhir pekan ini.
Foto: Istimewa
Jabar Quick Response (JQR) menggelar silaturahmi rescuer (pegiat dan potensi SAR) se-Jawa Barat yang dihadiri 77 organisasi yang diselenggarakan di GOR Saparua, Kota Bandung, akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jabar Quick Response (JQR) menggelar silaturahim rescuer (pegiat dan potensi SAR) se-Jawa Barat yang dihadiri 77 organisasi yang diselenggarakan di GOR Saparua, Kota Bandung, akhir pekan ini.

Menurut Ketua Pelaksana acara, Widhi el Fajr, silaturahmi ini adalah ajang berkumpul para pegiat dan potensi SAR Jawa Barat pasca lebaran. Sekaligus agenda tambahan berupa giat doa bersama untuk Almarhum Bimo Triyantomo anggota Basarnas yang gugur saat bertugas di Indramayu beberapa waktu lalu.

"Silaturahim ini juga menjadi ajang untuk kita melaksanakan doa bersama bagi almarhum sebagai bentuk dukungan terhadap keluarga almarhum dan penghargaan terhadap apa yang selama ini almarhum lakukan untuk kemanusiaan, " ujar Widhi, Senin (1/5/2023).

Widhi mengatakan, tujuan acara ini untuk membangun kohesi antar pegiat dan potensi SAR Jabar yang kedepannya bisa bermanfaat dalam meningkatkan respons kesiapsiagaan pada saat terjadi bencana maupun pasca bencana. 

Sementara menurut Soma Suparsa selaku tim operasional JQR, pegiat SAR di Jawa Barat ikut berdukacita. Soma berharap kejadian ini adalah yang terakhir. "Rasa kekeluargaan diantara pegiat SAR di Jawa Barat juga sangat erat sehingga gugurnya Kang Bimo ini menjadi duka bersama seluruh pegiat SAR Jawa Barat. Sebagai relawan yang menyediakan waktu, tenaga dan hartanya secara sukarela, seringkali risiko yang dihadapi oleh relawan ini juga dapat membahayakan nyawa, " kata Soma

Soma mengatakan, pihaknya berharap agar pegiat SAR di Jawa Barat dapat mengambil hikmah dan pelajaran atas peristiwa yang terjadi, agar kedepannya seluruh pegiat dan potensi SAR dapat memperbaiki semua aspek yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat luas.

Kepala SAR Bandung Jumaril mengatakan, pihaknya belasungkawa kepada anggota yang gugur saat bertugas kemanusiaan. Menurutnya, sosok Almarhum Bimo Triyantomo merupakan anggota yang disiplin dan sangat patuh pada semua hal.

"Kami sebelumnya berbelasungkawa atas sosok Almarhum Bimo Triyantomo. Almarhum sosok yang militan, cukup hamble, cukup dekat dengan komunitas potensi SAR, almarhum sosok yang disiplin dan patuh. Kami mendoakan almarhum ditempat yang terbaik, " kata Jumaril. 

Jumaril berharap, ke depannya kumpulnya potensi SAR se-Jawa Barat ini bisa meningkatkan soliditas antar sesama potensi. Jabar quick respons, 

Dalam kegiatan silaturahmi juga, diwakili oleh Jabar Quick Response, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan santunan untuk keluarga almarhum Bimo Triyantomo yang diterima langsung oleh Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement