Kamis 04 May 2023 21:46 WIB

Tujuh Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Palikanci, Ini Kronologinya

Tabrakan melibatkan kendaraan bus, minibus, dan truk boks.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) wilayah Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) wilayah Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Kecelakaan lalu lintas terjadi di KM 193.300 Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) wilayah Desa Pesanggrahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (4/5/2023). Dilaporkan terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan tujuh kendaraan.

Tabrakan beruntun itu dilaporkan terjadi pada sekitar pukul 15.10 WIB. “Kecelakaan itu terjadi di jalur dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta,” ujar Kepala Subunit 2 Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Cirebon Iptu Sugiharto, saat ditemui di KM 193 Tol Palikanci.

Tabrakan kendaraan itu melibatkan Bus Sinar Jaya (pelat nomor B 7396 TGD), minibus Daihatsu Terios (B 2288 KU), truk boks (B 9600 KCF, D 8449 FK, dan H 8178 EQ), truk tronton boks (B 9434 BCZ), dan minibus Toyota Agya (B 2746 TFH).

Sugiharto menjelaskan, kecelakaan itu berawal saat Bus Sinar Jaya menabrak bagian belakang minibus Daihatsu Terios yang melaju di depannya. Akibatnya, minibus Daihatsu Terios terdorong dan kemudian menabrak truk boks dengan pelat nomor B 9600 KCF yang ada di depannya.

Truk boks yang tertabrak itu pun terdorong dan menabrak beberapa truk boks lainnya. Hingga akhirnya minibus Toyota Agya ikut tertabrak. “Diduga pengemudi bus Sinar Jaya kurang hati-hati saat berkendara,” kata Sugiharto.

Akibat tabrakan itu, bagian depan kendaraan Daihatsu Terios masuk ke kolong truk boks. Petugas Satlantas Polresta Cirebon dan PT Jasa Marga Cabang Palikanci menggunakan kendaraan derek untuk mengevakuasi kendaraan tersebut.

Sugiharto mengatakan, tabrakan beruntun itu mengakibatkan satu orang korban luka ringan, yakni pengemudi Daihatsu Terios bernama Jaenudin (48 tahun), warga Kabupaten Lebak, Banten.

Korban sudah dibawa ke Klinik Jasa Marga Ciperna untuk mendapatkan perawatan. Seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan pun sudah dievakuasi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement