Senin 08 May 2023 16:22 WIB

Akses Jembatan Cidugaleun Ambruk, Pemkab Tasikmalaya akan Buka Jalur Lama

Jalur lama di bawah Jembatan Cidugaleun jadi solusi sementara lalu lintas warga.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi di sekitar Jembatan Cidugaleun wilayah Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (8/5/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kondisi di sekitar Jembatan Cidugaleun wilayah Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (8/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Akses Jembatan Cidugaleun di wilayah Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ambruk, sehingga lalu lintas warga terkendala. Sebagai solusi sementara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya berencana membuka jalur lama yang berada di bawah jembatan untuk alternatif lalu lintas warga.

Sebelumnya dikabarkan bagian Jembatan Cidugaleun ada yang ambruk pada Ahad (7/5/2023) sore. Berdasarkan hasil pengecekan, dilaporkan yang ambruk merupakan oprit atau jalan penghubung dengan jembatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Endang Syahrudin mengatakan, pihaknya tengah melakukan penanganan dengan menutup saluran air yang menggerus oprit.

“Kami sementara gotong royong untuk menutup saluran air. Karena, akibat dari tekanan air yang masuk, oprit itu terbawa longsor,” kata Endang, Senin (8/5/2023).

Endang memperkirakan oprit jembatan sudah lama tergerus air, hingga akhirnya ambruk pada Ahad lalu. “Kami sementara menutup akses (Jembatan Cidugaleun). Nanti rencananya kami akan memfungsikan lagi jalan lama di bawah. Namun, itu harus diperbaiki dulu, diuruk dulu,” ujar Endang.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Fuad Abdul Aziz, pihaknya berupaya membuka jalur lama di bawah Jembatan Cidugaleun untuk alternatif lalu lintas warga. 

“Karena itu merupakan jalan lama yang kondisinya saat ini tertutup material, kami sedang mendatangkan alat berat untuk bisa melakukan penanganan. Setelah itu dibersihkan, insyaallah, bisa dilewati orang maupun kendaraan,” kata Fuad.

Fuad mengatakan, ambruknya oprit Jembatan Cidugaleun sebenarnya tidak membuat masyarakat sekitar terisolasi. Menurut dia, ada jalan alternatif yang bisa digunakan masyarakat, tetapi memang harus memutar. 

Karena itu, sebagai solusi sementara ini akan difungsikan kembali jalan di bawah jembatan. Jalan itu disebut merupakan akses utama masyarakat sebelum dibangunnya Jembatan Cidugaleun pada 2016.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement