Senin 08 May 2023 17:10 WIB

CFD di Dago Bandung akan Kembali Digelar

Pemkot Bandung mensyaratkan tidak ada PKL di lokasi CFD.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna.
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, berencana menggelar kembali agenda car free day (CFD) di ruas Jalan Ir H Djuanda (Dago). Agenda hari bebas kendaraan bermotor ini sebelumnya dihentikan lantaran kondisi pandemi Covid-19.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pemkot berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Kodim 0618/BS terkait rencana penyelenggaraan kembali CFD.

Baca Juga

Car free day Dago akan kita gelar lagi, terus CFD Asia Afrika, dengan syarat tidak boleh ada PKL (pedagang kaki lima) dan binatang. Nanti kita launching bersama Kapolrestabes dan Dandim,” kata Ema di Balai Kota Bandung, Senin (8/5/2023).

Ema mengaku menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk segera menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk persiapan pembukaan kembali CFD Dago. “Segera Dishub lakukan rapat, saya minta secepatnya ini direalisasikan,” ujar Ema.

Plh Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, dinasnya secara prinsip sudah siap untuk kembali menggelar CFD. Soal anggaran pun disebut tersedia. “Anggaran dan dasar hukumnya sudah siap. Kami pada prinsipnya siap untuk CFD. Kami akan segera lakukan rapat koordinasi,” kata dia.

Menurut Ricky, sementara ini rencananya baru CFD Dago yang akan kembali digelar. Diperkirakan CFD Dago akan kembali digelar pada Mei ini atau Juni 2023. “Akan diprioritaskan di Jalan Dago, tidak dengan Buahbatu, sesuai dengan kepwal (keputusan wali kota). Untuk launching, apakah bulan Mei atau Juni, kemungkinan di bulan Juni,” ujar Ricky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement