Rabu 10 May 2023 07:13 WIB

Terinspirasi Film Crazy Rich Asian, Pebisnis Asal Bandung Ini Buka Kafe di Lembang

Cafenya mengangkat budaya peranakan Chinese high class.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Suasana Teuan Cafe dan Resto di Lembang.
Foto: Istimewa
Suasana Teuan Cafe dan Resto di Lembang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pebisnis asal Bandung, Billy Linjaya melebarkan sayap bisnis dari industri garmen dan alat pancing ke bidang F&B. Pemilik brand Duraking Outdoor & Sports dan Duraking Fishing ini, mendirikan sebuah resto di daerah Lembang, Jawa Barat bernama Teuan Cafe and Resto pada 21 Januari 2022 lalu.

Menurut Billy, mendirikan Teuan Cafe and Resto ini terinspirasi dari film Crazy Rich Asian. Jadi, Cafenya mengangkat budaya peranakan Chinese high class yang diimplementasikan pada gaya arsitektur bangunan serta menu makanan yang disajikan. Selain itu, Teuan juga disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan customer di era pandemi dengan memperbanyak area terbuka.

Billy Linjaya memilih untuk memulai bisnis di bidang F&B. Ini karena baginya, bisnis tersebut terlihat menarik dan sesuai dengan passion yang dimilikinya sejak lama. 

“Pada dasarnya dari dulu saya ingin punya bisnis F&B, karena kebetulan saya dan keluarga sangat suka eksplorasi makanan jadi saya ingin mencobanya,” ujar Billy, Selasa (9/5/2023).

Billy mengaku, ada kepuasan tersendiri ketika melihat customer puas dengan layanan dan makanan dari bisnis F&B miliknya. Perjalanan barunya di bidang F&B ini, membuat Billy Linjaya mempelajari banyak hal dan dihadapi dengan challenge baru setiap harinya. Yakni, mulai dari bagaimana cara agar bisnis ini longlasting hingga proses R&D menu yang dilakukan secara langsung oleh dirinya dan keluarga. 

“Resto itu seperti pabrik mini, supply chain mesti bagus, punya dapur yang jadi tempat produksi, dan marketing harus berjalan baik. Produk di F&B disajikan secara langsung ke tamu, beda dengan barang di pabrik bisa ada perbaikan ketika Quality Control, sedangkan di resto lebih challenging karena Quality Control harus lebih ketat," katanya.

Saat Ramadhan kemarin, Billy dan tim dari Teuan berinovasi agar customer dapat merayakan momen kebersamaan saat berbuka puasa dan Idul Fitri dengan merilis menu khusus Ramadhan pada 16 Maret 2023. Tidak hanya menu Ramadhan seperti lamb, nasi briyani, dan nasi kebuli saja, dekorasi Teuan yang bergaya peranakan pun diubah menjadi gaya Middle Eastern.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement