Rabu 10 May 2023 16:37 WIB

Ratusan Personel Polresta Cirebon Ditugaskan Jadi Polisi RW

Personel Polresta Cirebon akan membina 2.353 RW di Kabupaten Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Polresta Cirebon, Jawa Barat, meluncurkan program Polisi RW, Rabu (10/5/2023).
Foto: Dok Humas Polresta Cirebon
Polresta Cirebon, Jawa Barat, meluncurkan program Polisi RW, Rabu (10/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Polresta Cirebon, Jawa Barat, meluncurkan program Polisi RW. Kepala Polresta (Kapolresta) Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, program tersebut melibatkan 730 personel Polresta Cirebon. 

Mereka akan disebar untuk melakukan tugas pelayanan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di 2.353 rukun warga (RW) wilayah Kabupaten Cirebon, yang masuk wilayah hukum Polresta Cirebon. “Rata-rata setiap personel akan membina tiga RW,” kata Kapolresta, selepas apel peluncuran Polisi RW di Markas Polresta Cirebon, Rabu (10/5/2023).

Polisi RW merupakan program Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri. Kapolresta menjelaskan, tugas utama dari Polisi RW ini mendeteksi potensi permasalahan kamtibmas di lingkungan masyarakat tingkat RW, sekaligus mencarikan solusi atas permasalahan itu. 

Dengan demikian, diharapkan mampu mereduksi berbagai potensi gangguan kamtibmas.

Kapolresta mengatakan, Polisi RW diminta membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat di tingkat RW, sehingga dapat lebih intensif dalam mendeteksi dan mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas, sekaligus mereduksi sumber permasalahan.

Dengan peran dari Polisi RW ini, menurut Kapolresta, diharapkan permasalahan yang muncul di tengah masyarakat tidak berkembang menjadi lebih besar dan bermuara pada proses penegakan hukum. Sehingga, kata dia, upaya penegakan hukum menjadi langkah terakhir dalam penyelesaian permasalahan di tengah masyarakat, khususnya tingkat RW.

Kapolresta mengatakan, program Polisi RW ini lebih mengedepankan upaya-upaya preventif dalam pemeliharaan kamtibmas. Polisi RW ini disebut dapat memperkuat program Satu Desa Satu Bhabinkamtibmas, yang saat ini berjalan.

“Di Kabupaten Cirebon, setiap desa terbagi menjadi dusun yang terdiri atas beberapa RW dan RT. Kami juga melihat tidak semuanya bisa terkover dengan baik, sehingga kehadiran Polisi RW ini untuk lebih mengintensifkan lagi karena di tiap-tiap RW ada keterwakilan polisi yang siap untuk mengelola kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen,” ujar Kapolresta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement