Jumat 12 May 2023 16:14 WIB

PT KPI Unit VI Balongan Latih Anak Berkebutuhan Khusus Berwirausaha Minuman Kopi

Pelatihan membuat kopi tersebut diberikan sebagai bekal wirausaha ABK.

Kegiatan pelatihan pembuatan kopi merupakan Program Pemberdayaan Inklusi Teman Istimewa yang merupakan bagian dari salah satu Program Pemberdayaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Unit VI Balongan tahun 2023.
Foto: Dok. Republika
Kegiatan pelatihan pembuatan kopi merupakan Program Pemberdayaan Inklusi Teman Istimewa yang merupakan bagian dari salah satu Program Pemberdayaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Unit VI Balongan tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan melalui fungsi Communication, Relation & CSR mengadakan pelatihan pembuatan kopi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) siswa-siswi SLB Mutiara Hati, Indramayu.

Pelatihan diikuti siswa-siswi setara SLTA yang dibimbing oleh trainer dan praktisi kopi Triantoro dari Kopi Seduh Indramayu dengan didampingi oleh Perwira dan Community Development Officer PT KPI Unit VI Balongan. Pada pelatihan tersebut mereka diajarkan untuk menjadi Barista dengan membuat berbagai macam minuman kopi kekinian. 

Dimulai dengan pengenalan macam biji kopi dan bahan pelengkap lainnya serta alat-alat yang dipergunakan lalu dilanjutkan dengan praktik pembuatan minuman kopi dengan teknik kopi rokpreso, V60, vietnam drip, moka pot, french press, dan aero press.

Area Manager Communication, Relation & CSR Mohamad Zulkifli menjelaskan, pelatihan membuat kopi tersebut diberikan sebagai bekal wirausaha kepada anak berkebutuhan khusus (ABK). "Diharapkan setelah mereka menyelesaikan pendidikan di sekolah luar biasa (SLB) teman-teman istimewa ini mempunyai keterampilan lebih, dalam hal ini adalah dibidang pembuatan kopi yang dapat digunakan untuk berwirausaha," ujar Zul kepada Republika.co.id, Jumat (12/5/2023). 

 

Zul mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat sekaligus memberikan motivasi, menumbuhkan daya saing dan kepercayaan diri para siswa berkebutuhan khusus di SLB Mutiara Hati bahwa keterbatasan tidak menjadi penghambat untuk meraih kesuksesan.

Pada kesempatan tersebut, dengan dibimbing oleh gurunya salah satu murid yang mengikuti pelatihan, Carnoto, berkesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan gembiranya karena telah mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Kegiatan pelatihan pembuatan kopi merupakan Program Pemberdayaan Inklusi Teman Istimewa yang merupakan bagian dari salah satu Program Pemberdayaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Unit VI Balongan tahun 2023. TJSL dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement