Jumat 12 May 2023 17:40 WIB

Kapal Disambar Petir, Nakhoda yang Tenggelam di Sukabumi Ditemukan

Tim SAR menemukan jasad nakhoda itu sekitar 300 meter dari lokasi kejadian.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Korban tenggelam.
Foto: Foto : MgRol112
(ILUSTRASI) Korban tenggelam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Tim SAR gabungan menemukan nakhoda yang dilaporkan tenggelam di perairan Pantai Muara Cikaso, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (12/5/2023). Nakhoda bernama Gunawan alias Ajo (35 tahun) itu ditemukan sudah meninggal dunia.

“Tim SAR gabungan menemukan korban dalam kondisi mengambang di permukaan air pada radius kurang lebih 300 meter dari lokasi kejadian,” ujar Koordinator Pos SAR Sukabumi, Suryo Adianto.

Menurut Suryo, jasad korban ditemukan sekitar pukul 09.15 WIB. Jasad kemudian dievakuasi menuju rumah duka.

Berdasarkan informasi dari Polres Sukabumi, dikabarkan nelayan yang juga nakhoda kapal itu hilang setelah tenggelam di wilayah perairan Pantai Muara Cikaso pada Kamis (11/5/2023), sekitar pukul 06.45 WIB. Nakhoda yang merupakan warga Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, itu tengah melaut bersama satu orang.

 

“Dari laporan Polsek Tegalbuleud, peristiwa tersebut bermula saat Gunawan bersama temannya bernama Idoy pergi melaut menggunakan kapal ikan Rivia Puteri 05 pada Rabu (10/5/2023) sekitar pukul 15.30 WIB,” ujar Kepala Polres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, melalui Kepala Seksi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman, Kamis.

Sekitar pukul 19.15 WIB, saat sedang mencari ikan, dikabarkan tiba-tiba cuaca berubah menjadi mendung dan turun hujan lebat di lautan. Saat kejadian, kata Aah, dilaporkan kondisi kapal berada sekitar sepuluh kilometer di perairan arah timur dari Dermaga SBP.

Menurut Aah, dikabarkan kapal itu tersambar petir. Nakhoda kapal jatuh ke laut dan hilang tenggelam. Sementara rekannya bisa sampai di dermaga SBP.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement