Rabu 17 May 2023 15:52 WIB

20 Persen Calhaj Tasikmalaya Lansia, Kemenag: Ada Usia 103 Tahun

Kemenag Tasikmalaya menyiapkan pembimbing terlatih untuk mendampingi calhaj lansia.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Calon jamaah haji (calhaj).
Foto:

Menurut Yayat, Kemenag Kabupaten Tasikmalaya sudah melakukan persiapan optimal menjelang pemberangkatan calhaj kelompok terbang (kloter) pertama dari Kabupaten Tasikmalaya. Calhaj dari Kabupaten Tasikmalaya ini disebut akan terbagi dalam lima kloter. Pemberangkatan kloter pertama dijadwalkan pada 26 Mei 2023.

Yayat mengatakan, pihaknya memastikan penerbitan paspor calhaj, biometrik, Visa Bio, juga melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan. Saat ini berjalan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten.

Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya mengimbau para calhaj untuk mempersiapkan diri dan menjaga kondisi kesehatan. “Calhaj juga sudah semua memiliki kartu kesehatan jamaah haji, sudah divaksin, dan lainnya. Mudah-mudahan aman semua dalam perjalanan,” ujar Yayat.

Ihwal biaya haji, Yayat mengatakan, di Kabupaten Tasikmalaya hanya terdapat sekitar 24 calhaj yang belum melakukan pelunasan. Namun, puluhan calhaj itu masih diberikan kesempatan hingga 19 Mei 2023 untuk melakukan pelunasan. “Diprediksi semua dapat melunasi,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement