Selasa 16 May 2023 23:19 WIB

Bersiap ke Tanah Suci, Calhaj Indramayu Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Setelah bimbingan manasik, para calhaj akan menerima penetapan kloter.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bimbingan manasik haji.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Bimbingan manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Para calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji massal ke-1 tingkat kabupaten 2023, Selasa (16/5/2023). Bimbingan ini menjadi bagian dari persiapan calhaj sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Bimbingan manasik haji massal itu diselenggarakan di Gedung Pusat Pelayanan dan Informasi Haji Terpadu (Puspihat) Indramayu. Kegiatan itu juga diisi tausiyah dari Pimpinan Pondok Pesantren Cadangpinggan, Buya Syakur Yasin. Lewat tausiyah itu para calhaj diberikan pencerahan dan pembekalan mengenai ibadah haji.

Baca Juga

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Wahyudin, pada kesempatan itu juga para calhaj diberikan penjelasan mengenai berbagai kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji. 

Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan semua petugas haji yang akan mendampingi mereka di masing-masing kelompok terbang (kloter). “Satu kloter ada delapan petugas,” kata Wahyudin, saat ditemui di sela-sela kegiatan bimbingan manasik haji.

 

Wahyudin mengatakan, setelah kegiatan bimbingan manasik haji massal ini, para calhaj akan menerima penetapan kloter. Kegiatan itu rencananya dilaksanakan pada Rabu (17/5/2023).

Tahun ini dikabarkan ada 1.786 calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Para calhaj disebut akan terbagi dalam enam kloter, yaitu kloter 02, kloter 08, kloter 15, kloter 20, kloter 22, dan kloter 24.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement