Rabu 24 May 2023 05:00 WIB

Mau ke Raudhah, Daftar Dulu di Aplikasi Nusuk dan Ini Langkah Unduhnya

Dengan proses tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terencana.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Agus Yulianto
Jamaah Masjid Nabawi khusyu berdoa di area Raudhah Masjid Nabawi, Madinah.
Foto: Ismar Patrizki/Antara
Jamaah Masjid Nabawi khusyu berdoa di area Raudhah Masjid Nabawi, Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Menjadi harapan seluruh jamaah haji untuk bisa sholat, doa, dan zikir di Raudhah (Taman Surga). Namun, berbeda dengan kebijakan sebelumnya, untuk menuju Raudhah, jamaah harus lebih dulu mendaftar via aplikasi nusuk.

Dalam situs Nusuk.sa dijelaskan jika Nusuk merupakan platform perencanaan, pemesanan, dan pengalaman resmi pertama, untuk membuat rencana perjalanan haji atau umrah Anda ke Makkah, Madinah, dan sekitarnya. Dengan Nusuk, para jamaah dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengatur seluruh kunjungan mereka, mulai dari mengajukan e-Visa hingga memesan hotel dan penerbangan.

Baca Juga

Aplikasi ini bisa di download atau unduh oleh mereka yang akan menjalankan ibadah umrah atau haji. Seperti yang Republika lakukan saat berada di Madinah. 

Berikut langkah-langkah unduh dan daftar aplikasi Nusuk:

 

1. Kunjungi aplikasi Appstore lalu tekan unduh. Setelah selesai pilih buka.

2. Masuk halaman utama muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan bahasa Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih "New User".

3. Masuk ke pengisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email dan password akun Nusuk. Sudah lengkap, klik tiga pertanyaan di bawahnya lalu tekan register.

4. Sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi Nusuk.

5. Berhasil, saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email.

6. Selesai di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke Raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. Jika sudah aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan bukti ke askar saat berkunjung ke Raudhah.

Dengan proses tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terencana. Jika memungkinkan keluarga jamaah juga bisa bantu download dan registrasi sebelum orang tuanya berangkat sehingga memudahkan saat di Madinah. Untuk pendaftaran bisa dibantu petugas haji. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement