Kamis 25 May 2023 06:54 WIB

PKS Yakin Bisa Usung Kader Maju Pilkada Jabar 2024

PKS menyebut ada banyak kader yang bisa diusung untuk maju Pilkada Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jawa Barat Haru Suandharu.
Foto: -
Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jawa Barat Haru Suandharu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menatap optimistis pemilihan kepala daerah-wakil kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) 2024. PKS meyakini dapat mengusung kader maju Pilkada Jabar.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Provinsi Jabar Haru Suandharu mengatakan, ada banyak kader yang bisa diusung untuk maju Pilkada Jabar. Ia mencontohkan para kader yang menjadi kepala atau wakil kepala daerah di Provinsi Jabar.

Selain itu, ada juga kader yang saat ini berkiprah di DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jabar atau kader di DPRD Jabar. 

“Calon gubernur itu bisa jadi dari kepala daerah. Ada Wali Kota Depok (Mohammad Idris), Sukabumi (Achmad Fahmi). Kemudian DPR RI ada Ibu Netty (Netty Prasetiyani), dari DPRD provinsi ada Pak Achmad Ru’yat. Jadi, sangat banyak,” ujar Haru, kepada wartawan, belum lama ini.

Haru mengatakan, para kader PKS ini potensial. Namun, kata dia, untuk keputusan maju Pilkada Jabar 2024 tetap harus melalui mekanisme partai dan disetujui oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS. “Saya tidak khawatir kekurangan calon dan nanti tinggal DPP maunya siapa,” katanya.

PKS mempunyai catatan manis di Provinsi Jabar. Di mana kadernya, Ahmad Heryawan, terpilih untuk menjadi gubernur Jabar selama dua periode, 2008-2013 dan 2013-2018. 

Pada periode pertama, Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, berpasangan dengan Dede Yusuf. Adapun pada periode kedua dengan Deddy Mizwar.

Ketika Pilkada Jabar 2018, PKS mengusung Ahmad Syaikhu sebagai calon wakil gubernur, mendampingi Sudrajat yang diusung Partai Gerindra sebagai calon gubernur. Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu ini memang kalah suara dari Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, yang menjadi pemenang pilkada.

Namun, perolehan suara Sudrajat-Ahmad Syaikhu terbilang mengejutkan. Dari empat pasangan yang maju Pilkada Jabar, Sudrajat-Ahmad Syaikhu menempati posisi kedua. Berbeda dari hasil sejumlah survei.

Di tataran DPRD Provinsi Jabar, saat Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, PKS bisa meraih 21 kursi legislatif. PKS Jabar berharap perolehan kursi legislatif di DPRD bisa meningkat pada Pileg 2024.

Haru mengatakan, PKS sudah mendaftarkan 120 bakal calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar. Mereka disiapkan untuk merebut suara di 15 dapil wilayah Jabar. Menurut Haru, pada Pileg 2024 PKS menargetkan perolehan 42 kursi DPRD Jabar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement