Senin 29 May 2023 15:49 WIB

Kloter Pertama Jamaah Haji Asal Bandung Berangkat Hari Ini ke Makkah 

Total jamaah haji yang akan berangkat ke Makkah di Kota Bandung mencapai 2.396 orang.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Calon jamaah haji (Calhaj) Kota Bandung tahun 2023, berdoa usai pelepasan dan bimbingan calhaj.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Calon jamaah haji (Calhaj) Kota Bandung tahun 2023, berdoa usai pelepasan dan bimbingan calhaj.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kloter pertama jamaah haji asal Kota Bandung berjumlah 472 orang ditambah 8 orang petugas, berangkat hari ini, Senin (29/5/2023) menuju embarkasi di Bekasi. Mereka akan menginap dan selanjutnya langsung berangkat ke Makkah, Arab Saudi.

Para jamaah haji terlebih dulu berkumpul di masjid yang berada di Polda Jawa Barat. Mereka diberikan pengarahan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung dan Dinas Kesehatan Kota Bandung dan akan berangkat menggunakan 12 bus.

"Untuk Kota Bandung yang berangkat hari ini adalah yang tergabung ke dalam kloter 16 (Jawa Barat). Jumlah jamaah 472 ditambah petugas 8 jadi 480," ujar Kepala Kemenag Kota Bandung Tedi Ahmad Junaedi di Polda Jawa Barat, Senin (29/5/2023).

Dia mengatakan, total jamaah haji yang akan berangkat ke Makkah di Kota Bandung mencapai 2.396 orang. Mereka terdiri dalam enam kloter.

"Kloter pertama sebentar lagi akan diberangkatkan. Take off di Bandara Soekarno Hatta. Dari sini dibawa ke embarkasi Bekasi, dari Bekasi take off ke Bandara Soekarno Hatta," katanya.

Tedi mengaku, sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung untuk memastikan kondisi kesehatan para jamaah haji dalam kondisi baik. Sejumlah persiapan telah dilaksanakan seperti manasik haji, persiapan barang dan pemeriksaan kesehatan.

"Jamaah diingatkan melalui personel atau melalui KBIH untuk menjaga kesehatan karena saya dengar cuaca ekstrem," ungkapnya.

Tedi mengatakan, jamaah haji yang berangkat ibadah haji tahun 2023 merupakan jamaah haji yang mendaftar tahun 2012-2013 dan menunggu sekitar 10 sampai 11 tahun. Sedangkan daftar tunggu haji di Kota Bandung saat ini mencapai 20 hingga 22 tahun.

Dia mengatakan, petugas khusus disiapkan untuk mendampingi jamaah haji lansia saat akan berangkat ke embarkasi di Bekasi. Para jamaah haji lansia akan menjadi prioritas untuk didampingi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement