Selasa 30 May 2023 07:13 WIB

Beredar Video Calhaj Lansia Dipapah Jalan Kaki, Ini Penjelasan PPIH Indramayu

PPIH akan mengevaluasi terkait parkir kendaraan calhaj.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Petugas membantu calon jamaah haji (calhaj) untuk mengambil gelang identitas saat memasuki Asrama Haji Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (27/5/2023) malam.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Petugas membantu calon jamaah haji (calhaj) untuk mengambil gelang identitas saat memasuki Asrama Haji Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (27/5/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Rekaman video seorang calon jamaah haji (calhaj) yang tampak dipapah oleh keluarganya saat menuju Pendopo Indramayu, Jawa Barat, beredar di media sosial. Kejadian calhaj perempuan warga lanjut usia (lansia) yang dipapah itu terjadi pada Senin (29/5/2023).

Dikabarkan calhaj tersebut berjalan kaki dengan dipapah dari lokasi parkir kendaraan di Jalan Siliwangi untuk menuju Pendopo Indramayu. Senin itu, ada 366 calhaj kelompok terbang (kloter) 2 Kabupaten Indramayu yang akan dilepas oleh bupati dari Pendopo menuju Asrama Haji Indramayu.

Baca Juga

Saat dikonfirmasi soal rekaman video tersebut, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Indramayu, Atang Riko Hasbudi, mengaku tidak menduga bakal ada kejadian seperti itu. Ia menilai, kejadian itu karena adanya miskomunikasi soal parkir kendaraan calhaj.

“Kami menduga karena adanya oknum parkir liar, yang mengarahkan kendaraan calhaj untuk parkir di titik yang tidak ditentukan,” kata Atang.

Atang menjelaskan, sebelumnya telah dilakukan koordinasi dan digelar rapat berulang kali dengan sejumlah instansi terkait ihwal pelepasan calhaj dari Pendopo menuju Asrama Haji Indramayu. Salah satunya mengenai penentuan titik pemberhentian kendaraan calhaj.

Menurut Atang, ditentukan titik pemberhentian kendaraan calhaj itu di depan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Indramayu, yang dekat dengan Pendopo.

Di lokasi itu, kata Atang, petugas sudah menyiapkan kursi roda untuk membantu calhaj lansia. “Tapi, khusus untuk calhaj lansia, kendaraannya boleh langsung masuk ke Pendopo Indramayu,” ujar Atang.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement