Senin 05 Jun 2023 08:01 WIB

Cerita Soal Juhani, Jamaah Haji yang Ingin Turun Pesawat karena Ingat Ayam

Abah Juhani disebut sempat bolak-balik di dalam pesawat.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Irfan Fitrat
Abah Juhani (95 tahun), jamaah haji asal Majalengka, Jawa Barat, yang viral meminta turun dari pesawat karena teringat ayamnya.
Foto: Dok MCH 2023
Abah Juhani (95 tahun), jamaah haji asal Majalengka, Jawa Barat, yang viral meminta turun dari pesawat karena teringat ayamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH — Seorang jamaah haji asal Indonesia viral karena videonya yang meminta turun dari pesawat untuk memberi makan ayam peliharaan. Jamaah haji itu adalah Juhani (95 tahun), warga Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Saat ditemui di hotel tempatnya menginap, Taiba Front Madinah, Juhani ternyata tidak ingat pernah minta turun dari pesawat karena ingin memberi makan ayam. Ia hanya tertawa saat ditunjukkan video dirinya yang viral di media sosial.

Baca Juga

Video Abah Juhani yang viral itu merupakan hasil rekaman Ustaz Yuyud Aspiyudin, petugas haji daerah Majalengka. Ustaz Yuyud mengaku sengaja merekam kejadian itu dan sudah meminta izin kepada pramugari.

“Waktu penerbangan itu kemarin, Abah sudah mulai gelisah sejak awal. Dia mulai bolak-balik dari depan ke belakang. Tidak mau diam duduk di kursinya,” ujar Ustaz Yuyud, Ahad (4/6/2023).

Ustaz Yuyud pun mendengar kabar Abah Juhani bercerita soal ayam peliharaannya. “Informasi yang saya dapat, Abah ini sudah sering kali bercerita soal ayam dengan jamaah di sampingnya, ibu-ibu,” kata dia.

Sesampainya di bandara Madinah, Abah Juhani meminta keluar dari pesawat untuk memberi makan ayam peliharaannya. Hal itu dicegah oleh pramugari.

Menurut Ustaz Yuyud, Abah Juhani ini mengalami demensia atau penurunan daya ingat. Abah Juhani bisa mudah lupa sekalipun baru saja melakukan kegiatan.

Ustaz Yuyud mengatakan, setelah dikonfirmasi kepada anaknya, Abah Juhani ini disebut tidak memiliki ayam.

“Yang punya ayam itu anaknya. Abah tidak punya ayam. Tapi, setiap hari yang memberi makan ayam-ayamnya itu ya si Abah ini,” kata Ustaz Yuyud.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement