Selasa 20 Jun 2023 14:24 WIB

Pemkot Bandung Siapkan 10 Ribu Vial Vaksin Rabies

Vaksinasi rabies terhadap hewan akan mulai digencarkan pada bulan Juli mendatang.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Dokter hewan menyuntikkan vaksin rabies ke seekor kucing.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Dokter hewan menyuntikkan vaksin rabies ke seekor kucing.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemkot Bandung menyiapkan 10 ribu vial vaksin rabies yang akan digunakan sepanjang 2023. Empat jenis hewan, yaitu kucing, anjing, kera, dan musang pembawa penyakit rabies akan divaksin.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Wilsandi Saefuloh mengatakan, vaksinasi rabies terhadap hewan akan mulai digencarkan pada bulan Juli mendatang. Saat ini dilakukan pendataan di tingkat kelurahan mengenai jumlah hewan yang akan divaksin.

"Insya Allah awal Juli masif ke seluruh kelurahan, kita meminta data ke setiap kelurahan hewan yang dimiliki masyarakat khususnya tadi pembawa rabies, ada empat jenis kucing, anjing, kera dan musang," ujar dia, Selasa (20/6/2023).

Dia mengatakan, dinas menyiapkan 10 ribu vial untuk vaksinasi rabies sepanjang tahun 2023. Koordinasi pun akan dilakukan ke persatuan dokter hewan agar lebih mudah proses vaksinasi.

"Kita tahun ini sediakan 10 ribu vial dan sedang berjalan. Kita akan minta ke Jabar tambahan," kata dia.

Wilsandi melanjutkan, kerja sama dilakukan dengan persatuan dokter hewan untuk memudahkan kegiatan vaksinasi. Selain itu, dinas pun membentuk tim untuk menangani cepat masyarakat yang digigit hewan-hewan itu.

Dia mengaku, jumlah hewan yang akan divaksin rabies masih dalam pendataan dan akan segera dilakukan vaksinasi. "Data dari kelurahan akan segera ditindaklanjuti," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement