Jumat 23 Jun 2023 23:58 WIB

Disparbud Garut Ingin Tingkatkan Kemampuan Pemandu Wisata Air

Diharapkan pemandu wisata air lebih siaga menjaga keselamatan pengunjung.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Objek wisata kawasan Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut.
Objek wisata kawasan Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, tengah mendorong program peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi pemandu wisata air. Program tersebut ditujukan dalam upaya menjaga keselamatan pengunjung atau wisatawan di objek wisata tirta.

“Tujuannya untuk menyiapkan tenaga-tenaga pemandu yang memiliki wawasan, kemampuan, dan keterampilan dalam keselamatan wisata tirta,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail di Garut, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga

Agus mengatakan, pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memberikan wawasan, kemampuan, dan keterampilan bagi pemandu wisata dalam menjaga keselamatan bagi pengunjung wisata air.

“Apalagi Garut memiliki banyak objek wisata tirta, seperti kolam renang, sungai, situ, jeram, dan pantai, sehingga dapat memberikan rasa aman kepada pengunjung,” kata Agus.

Agus berharap keberadaan pemandu wisata air di Garut yang sudah terlatih bisa berdampak terhadap kunjungan wisatawan. Diharapkan kunjungan meningkat karena wisatawan merasa aman. 

“Harapannya adalah terwujudnya destinasi wisata yang aman, tertib, serta dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan air,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement