Sabtu 25 Nov 2023 17:50 WIB

Objek Wisata Garut Disebut Siap Sambut Wisatawan Liburan Akhir Tahun

Infrastruktur sejumlah destinasi wisata yang dikelola pemkab dibenahi.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Foto udara objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Foto udara objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan kesiapan sejumlah objek wisata untuk menyambut masa liburan akhir tahun. Diharapkan ada banyak wisatawan yang berlibur di Garut, meskipun musim hujan.

“Untuk infrastruktur destinasi persiapan libur Nataru (Natal dan tahun baru) kami sudah siap. Kami juga melakukan persiapan dari sisi di destinasinya diperbaiki,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail, saat dihubungi, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga

Agus mengatakan, pembenahan dilakukan terhadap sejumlah objek wisata, khususnya yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Diharapkan destinasi wisata ini dapat menarik kunjungan wisatawan. Seperti Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, dan sejumlah destinasi wisata pantai di selatan Garut.

“Prioritas yang dikelola pemerintah, yaitu Bagendit, Cangkuang, lalu daerah selatan, seperti Pantai Santolo dan Rancabuaya. Untuk infrastruktur wisata sudah selesai,” kata Agus.

 

Untuk mendukung aktivitas pariwisata, Agus mengatakan, pemkab juga mendorong pembenahan infrastruktur jalan. Baik akses dari luar daerah menuju Garut maupun jalan ke destinasi wisata.

Agus mengakui belum semua akses menuju objek wisata dibenahi. Namun, diharapkan perbaikan yang sudah dilakukan dapat membuat wisatawan lebih nyaman. “Secara umum setidaknya memberikan kenyamanan untuk akses menuju tempat wisata, seperti kondisi jalan utamanya sudah bagus,” ujar dia.

Agus mengharapkan pada masa liburan akhir tahun ini ada banyak wisatawan, meskipun sudah masuk musim hujan. “Terkait masalah kunjungan wisata itu tergantung cuaca juga, apalagi di Garut ini banyak wisata alamnya,” kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement