Kamis 29 Jun 2023 13:36 WIB

Napi Korupsi Sholat Id di Lapas Sukamiskin, Ada Kurban Sapi dan Kambing

Daging kurban dari lapas akan dibagikan juga kepada warga sekitar.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Selepas sholat Idul Adha dilakukan penyembelihan hewan kurban di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).
Foto: undefined
Selepas sholat Idul Adha dilakukan penyembelihan hewan kurban di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Narapidana kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, mengikuti sholat Idul Adha, Kamis (29/6/2023). Selepas sholat, dilakukan penyembelihan hewan kurban di lapas.

Berdasarkan pantauan, warga binaan melaksanakan sholat Idul Adha di area lapangan Lapas Sukamiskin. Di antaranya eks Bupati Bandung Barat Aa Umbara, serta mantan menteri Pemuda dan Olaharaga Imam Nahrawi.

Baca Juga

Selepas sholat Id, para warga binaan bersalaman. Kemudian panitia melaksanakan penyembelihan hewan kurban. “Bersyukur kepada Allah bisa melaksanakan sholat Id dan menyelenggarakan kurban,” kata Imam Nahrawi.

Kepala Lapas Sukamiskin, Kunrat Kasmiri, mengatakan, sebagaimana biasanya Lapas Sukamiskin menggelar pelaksanaan sholat Id. Ada warga binaan yang melaksanakan sholat Idul Adha pada Rabu (28/9/2023), ada juga yang mengikuti sholat Id pada Kamis ini. “Perbedaan biasa, perbedaan tidak menjadi konflik,” ujar Kunrat.

Kunrat mengatakan, pada Idul Adha kali ini dilakukan juga penyembelihan hewan kurban, yang diketuai salah satu warga binaan, yaitu Aa Umbara. “Alhamdulillah, ada pemotongan hewan kurban sapi 10 ekor dan kambing 16 ekor, bantuan dari dalam maupun luar (lapas),” katanya.

Menurut Kunrat, ada tiga sapi yang merupakan bantuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Ia mengatakan, daging kurban akan diolah terlebih dahulu untuk kemudian dibagikan kepada warga binaan, juga masyarakat sekitar lapas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement