Sabtu 01 Jul 2023 08:57 WIB

Liburan di Waduk Darma Kuningan

Kunjungan ke Waduk Darma disebut meningkat setelah dilakukan revitalisasi. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menjadi salah satu destinasi wisatawan pada momen liburan kali ini. Jumlah pengunjung disebut mengalami peningkatan selepas revitalisasi.

Salah satu pengelola Waduk Darma, Ujer, mengatakan, pada kondisi normal, jumlah pengunjung hanya berkisar 100 sampai 200 orang per hari. Sementara pada momen libur Idul Adha 2023 ini disebut bisa lebih dari 600 orang.

Baca Juga

Dilihat dari nomor kendaraan pengunjung di tempat parkir, ada yang berasal dari luar daerah Kuningan, seperti Cirebon, Bandung, Jakarta, juga Brebes (Jawa Tengah).

Menurut Ujer, jumlah pengunjung mengalami peningkatan setelah revitalisasi Waduk Darma. Tak hanya pada akhir pekan maupun momen liburan, melainkan juga pada hari biasa. “Pengunjung yang datang saat ini lebih banyak dibandingkan sebelum revitalisasi,” kata Ujer, Jumat (30/6/2023).

Dengan upaya revitalisasi, suasana kawasan Waduk Darma kini menjadi teduh karena banyaknya pepohonan rindang. Di sana juga tersedia banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Ada juga perahu yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling waduk. Wisatawan juga bisa menyewa sepeda listrik dan menyusuri trek yang tersedia.

Untuk masuk ke kawasan wisata Waduk Darma Kuningan, para pengunjung dikenakan tiket Rp 15 ribu per orang dan untuk parkir mobil Rp 10 ribu.

Salah seorang pengunjung, Khaerul, mengaku sengaja mengajak keluarganya untuk berlibur ke Waduk Darma. Apalagi ia mendengar kawasan wisata Waduk Darma sudah direvitalisasi. 

“Sebelumnya baru denger-denger saja sih, katanya di sini sudah bagus. Ternyata benar, beda sekali dengan dulu,” ujar pengunjung asal Brebes itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement