Ahad 09 Jul 2023 22:08 WIB

Ajang Balap Motor Oneprix di Tasikmalaya Angkat Budaya Lokal

Oneprix yang digelar di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, menarik ribuan penonton.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Umbrella girl mendampingi pembalap pada ajang balap motor Oneprix Indonesia Motoprix Championship 2023 Putaran 3 di Sirkuit Bukit Peusar, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (9/7/2023).
Foto:

Terdapat dua kelas utama yang dilombakan dalam ajang balapan motor tersebut. Kelas pertama adalah Oneprix 1 atau Expert Bebek 150 CC Tune Up. Sementara kelas kedua adalah Oneprix 2 atau Novice Bebek 150 CC Tune Up.

Arlan mengatakan, Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya merupakan salah satu arena yang digunakan dalam ajang balap motor Oneprix Indonesia, selain Sirkuit Sentul di Bogor dan Sirkuit Sabaru di Palangka Raya. 

Penggunaan banyak sirkuit itu dilakukan agar para pembalap mendapatkan rintangan dan tantangan yang baru. “Dengan beragam sirkuit, persaingan jadi lebih kompetitif. Jadi, semua masih punya kesempatan yang sama,” kata dia.

 

photo
Sejumlah pembalap memacu motornya saat Oneprix Indonesia Putaran 3 di Sirkuit Bukit Peusar, Kota Tasikmalaya, Ahad (9/7/2023). - (Republika/Bayu Adji P)

 

Menurut Arlan, penggunaan banyak sirkuit akan membuat persaingan di klasemen menjadi lebih seru. Pasalnya, ada peluang juara baru di sirkuit yang berbeda.

“Ini satu hal yang menarik karena kita terus berpindah sirkuit, dari mulai Sentul, Palangka Raya, hingga Tasikmalaya, kita mengeluarkan juara baru. Jadi, pimpinan klasmen posisinya terus terancam,” kata Arlan.

Arlan pun mengapresiasi keberadaan Sirkuit Bukit Peusar di Kota Tasikmalaya, yang selalu dimanfaatkan untuk ajang balap motor Oneprix. Fasilitas di sirkuit itu disebut terus meningkat dari tahun ke tahun. “Ke depan kami akan tingkatkan agar sirkuit bisa diaspal dan tribun dirapikan. Jadi, ini akan jadi etalase Kota Tasikmalaya,” kata Arlan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement