Rabu 12 Jul 2023 16:50 WIB

Pedagang Mengeluh, Banjir Rob Berulang Terjang Wisata Pantai Karangsong

Pedagang mengeluhkan penurunan pengunjung dan sampah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Jalan masuk menuju Pantai Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang kondisinya becek setelah diterjang banjir rob selama tiga hari terakhir, Rabu (12/7/2023).
Foto:

Yanto mengatakan, kawasan wisata Pantai Karangsong langganan dilanda banjir rob. Dalam setahun, kata dia, banjir rob yang terbilang parah bisa menerjang dua sampai tiga kali dalam rentang waktu Juli-September.

Karena itu, Yanto berharap pembangunan breakwater atau pemecah ombak di Pantai Karangsong. Dengan demikian, bisa melindungi bibir pantai dari banjir rob saat gelombang tinggi datang.

 

photo
Pemilik warung membersihkan sampah yang terbawa rob ke kawasan pesisir Pantai Karangsong, Kabupaten Indramayu, Rabu (12/7/2023). - (Republika/Lilis Sri Handayani)

 

Pedagang lainnya, Rawenda, mengatakan, banjir rob kali ini membuat warungnya tidak bisa beroperasi. Menurut dia, ketinggian genangan banjir rob mencapai sekitar lutut orang dewasa.

“Kondisi warung kemarin pada rusak, boro-boro mau buat jualan, buat aktivitas juga susah. Jalannya juga kan tergenang, pengunjung jadi enggan datang,” kata Rawenda.

Rawenda juga mengeluhkan kondisi banjir rob yang setiap tahun melanda kawasan Pantai Karangsong. Ia meminta pemerintah mengupayakan solusinya, seperti membangun pemecah ombak atau dermaga pembatas antara laut dan sungai.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement