Kamis 13 Jul 2023 18:53 WIB

Tol Cisumdawu akan Jadi Daya Tarik Investasi ke Rebana

Ruas tol Cisumdawu punya nilai strategis sebagai pelengkap konektivitas infrastruktur

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Direktur Utama PT Jasa Sarana Indrawan Sumantri (tengah) sedang berbincang-bincang.
Foto: dok. Republika
Direktur Utama PT Jasa Sarana Indrawan Sumantri (tengah) sedang berbincang-bincang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat PT Jasa Sarana berharap, kehadiran Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Jabar bagian Utara atau kawasan Metropolitan Rebana.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Sarana Indrawan Sumantri, Jasa Sarana sendiri tergabung dalam badan usaha jalan tol PT Citra Karya Jabar Tol (PT CKJT) yang membangun dan mengelola jalan tol sepanjang 61,6 kilometer tersebut.

 “Sebagai salah satu pemegang saham CKJT dan BUMD Jawa Barat yang bergerak di bidang infrastruktur kami menyambut baik peresmian Tol Cisumdawu,” ujar Indrawan Sumantri, Kamis (13/7/2023).

Menurut Indrawan, ruas tol Cisumdawu punya nilai strategis sebagai pelengkap konektivitas infrastruktur dari Kota Bandung dengan Bandara kertajati yang nantinya akan menghidupkan roda perekonomian khususnya ke wilayah kota dan/ kabupaten di ruas tol Cisumdawu.

“Baik itu karena pergerakan manusianya dan pergerakan logistik komoditas dari Bandung ke Bandara Kertajati atau sebaliknya khususnya dan pergerakan logistik komoditas sekitar wilayah yang dilalui tol Cisumdawu pada umumnya,” paparnya.

Indrawan menilai, keberadaan Tol Cisumdawu bisa melengkapi jaringan tol yang ada di kawasan Metropolitan Rebana. Nantinya, kawasan Rebana akan tumbuh jadi kawasan industri dan menarik investor dalam dan luar negeri. Sehingga, sangat membutuhkan konektifitas jaringan infrastruktur jalan tol.

“Keberadaan tol Cisumdawu ini bisa membuat nilai tambah dan daya tarik investor mau berinvestasi di Kawasan Industri Rebana,” katanya.

Sebelumnmya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Tol Cisumdawu melengkapi infrastruktur besar yang sudah terbangun lebih dulu yakni Pelabuhan Patimban Subang, Bandara Kertajati Majalengka dan Tol Cikopo-Palimanan.

"Dari Bandung ke Sumedang biasa 2 jam sekarang 30 menit, kalikan dengan jutaan kegiatan ekonomi, bayangkan berapa banyak pertumbuhan dan aktifitas positif yang akan hadir," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil Gubernur usai mengikuti kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Majalengka dan Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Emil optimis masa depan Jawa Barat yang dirancang di kawasan Rebana akan makin terbuka dengan kehadiran infrastruktur yang sangat lengkap. "Cisumdawu ini pintu ke Rebana masa depan Jawa Barat ada di ujung pintu tol Cisumdawu yaitu lahirnya 13 pusat pertumbuhan baru," paparnya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement