Selasa 18 Jul 2023 00:02 WIB

Layanan Katastropik RSUD Karawang Dipuji Menkes, Dipersiapkan Jadi Rujukan 

Indonesia menghadapi beban tinggi penyakit katastropik.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Peresmian Revitalisasi dan transformasi Center of Excellent di RSUD Karawang.
Foto: dok. Republika
Peresmian Revitalisasi dan transformasi Center of Excellent di RSUD Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Upaya revitalisasi dan transformasi Center of Excellent di RSUD Karawang disambut baik Menteri Kesehatan Budi Sadikin. Pasalnya, upaya tersebut dinilai mampu meningkatkan layanan katastropik bagi warga Jawa Barat.

Plt Direktur RSUD Karawang Fitra Hergyana mengatakan, program transformasi Center of Excellent terlaksana salah satunya berkat program pengampuan layanan prioritas yang dilakukan oleh rumah sakit vertikal Kemenkes, sesuai dengan bidang spesialisasinya.

Transformasi, kata dia, dilakukan dengan membangun tujuh pusat layanan unggulan diantaranya Karawang Heart and Vascular Center, Karawang Cancer Center, Karawang Uro-Nefro, Karawang Stroke Center, Karawang Woman and Child Center, Karawang Aesthetic Center, dan Pain Center.

“RSUD Karawang menjadi rumah sakit rujukan Provinsi Jawa Barat. Sehingga nanti dipersiapkan 27 kabupaten/kota akan berobat kesini, sehingga bagaimana SDM Kesehatan, alat kesehatan dan layanannya bisa kita tingkatkan, salah satunya melalui pengembangan Center of Excellent yang mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” paparnya.

Sementara menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Vini Adiai, Provinsi Jabar memiliki beberapa rumah sakit pemerintah yang telah ditunjuk menjadi fasilitas kesehatan layanan prioritas seperti kanker, jantung, stroke, uro-nefrologi, dan lain-lain.

Vini mengatakan, RS pengampu nasionalnya adalah RSUP dr. Hasan sadikin, RS yang diampu berdasarkan strata layanan adalah RSUD Al Ihsan, RSUD karawang, RSUD Cibinong, RSUD Kab. Bekasi, RSUD Majalaya, RSUD dr. Chasbullah Abdul Madjid, RSUD dr. Slamet Garut, RSUD Bandung Kiwari, RSUD Kota Depok, RSUD Sayang Cianjur, RSUD SMC Kab. Tasikmalaya, RSUD Kabupaten Indramayu, RSUD Pandega Pangandaran, RSUD R. Syamsudin, dan RSUD Gunung Jati.

Sepuluh penyakit penyebab kematian tertinggi di Provinsi Jawa Barat meliputi stroke, penyakit jantung iskemik, diabetes, tuberkulosis, sirosis, kanker paru, dan sebagainya. 

Utilisasi untuk penyakit katastropik di fasilitas kesehatan di Jawa Barat yang tertinggi adalah jantung, stroke, kanker, gagal ginjal, thalasemia, hemofilia, leukimia dan sirosis hepatitis.

Menurut Menkes Budi, Indonesia menghadapi beban tinggi penyakit katastropik seperti stroke, jantung, kanker dan ginjal. Kempat penyakit tersebut, menjadi penyebab kematian tertinggi sekaligus pembiayaan terbesar di Indonesia. Sehingga, membutuhkan penanganan cepat guna menyelamatkan lebih banyak nyawa.

“Orang sakit di Indonesia itu rangking pertamanya stroke, lalu jantung dan cancer. Kita kerjanya harus berbasis prioritas. Jadi harus beresin stroke dulu,” ujar Menkes di RSUD Karawang, akhir pekan ini.

Berdasarkan catatannya, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, baru 44 kota yang bisa menangani stroke di periode emasnya (golden period). Hal itu terjadi karena supply side antara SDM Kesehatan dan alat kesehatan tidak seimbang.

Oleh karena itu, Budi menilai, langkah RSUD Karawang melakukan revitalisasi dan mengembangkan pusat layanan unggulan sudah tepat. Dan keunggulan tersebut harus ditularkan ke rumah sakit lain.

“Tugas RSUD Karawang jangan hanya bekerja ditempatnya sendiri, harus bisa mengampu dan mentransfer kemampuannya ke rumah sakit lain di Provinsi Jawa Barat,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement