Ahad 23 Jul 2023 22:39 WIB

Ada Tol Japek II Selatan, Ridwan Kamil Berharap Dampak Positif bagi Purwakarta

Ridwan Kamil menyebut Tol Japek II Selatan kemungkinan beroperasi penuh awal 2024.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: dok. Rizal FS/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menunggu beroperasinya Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan. Ia berharap keberadaan jalan tol tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap Kabupaten Purwakarta, Jabar.

Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan dengan biaya sekitar Rp 14,6 triliun itu dilakukan Waskita Karya. Menurut Ridwan Kamil, ruas jalan tol tersebut sempat dilakukan uji coba ketika arus mudik Lebaran 2023.

Baca Juga

Ridwan Kamil menunggu Tol Japek II Selatan bisa dioperasikan secara penuh. Ia memperkirakan hal itu baru terjadi pada awal 2024.

“Ditunggu-tunggu, salah satunya adalah Tol Japek Selatan. Itu, insyaallah, akhir tahun selesai dan beroperasi penuh di awal 2024. Sehingga meningkatkan pergerakan ekonomi, industri yang luar biasa di Kabupaten Purwakarta,” kata Ridwan Kamil.

Keberadaan Jalan Tol Japek II Selatan diharapkan dapat turut mendorong pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Ihwal upaya pembangunan di kabupaten tersebut, Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar selalu memberikan dukungan. Hal itu disebut ditunjukan dengan dukungan anggaran dari Pemprov Jabar kepada Kabupaten Purwakarta untuk berbagai program.

“Provinsi Jawa Barat juga mendukung berbagai pembangunan. Lebih dari setengah triliun dana dari pemerintah provinsi digelontorkan ke Purwakarta, untuk berbagai program. Tentunya ini sinergi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement