Senin 24 Jul 2023 18:23 WIB

DPRD Jabar Nilai Pembangunan Terminal Ciledug Cirebon Dorong Aktivitas Ekonomi

DPRD Jabar menyebut ada dua terminal lain di Cirebon yang membutuhkan pembangunan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Anggota Komisi 4 DPRD Jawa Barat (Jabar) Daddy Rohanady.
Foto: Istimewa
Anggota Komisi 4 DPRD Jawa Barat (Jabar) Daddy Rohanady.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Anggota Komisi 4 DPRD Jawa Barat (Jabar), Daddy Rohanady, mengapresiasi upaya pemerintah provinsi (pemprov) yang membangun Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon. Namun, masih ada dua terminal tipe B lainnya milik Pemprov Jabar di Kabupaten Cirebon yang membutuhkan pembangunan, yaitu Terminal Losari dan Terminal Sumber.

“Nah, kapan kedua terminal itu akan dibangun? Mari kita tunggu kebijakan gubernur dan para anggota DPRD Provinsi Jawa Barat hasil Pemilu 2024,” kata Daddy kepada wartawan, Senin (24/7/2023).

Baca Juga

Selaku anggota dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, Daddy hadir saat Gubernur Ridwan Kamil meresmikan hasil pembangunan Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon pada 19 Juli 2023.

Pembangunan Terminal Ciledug membutuhkan biaya sekitar Rp 45,8 miliar. Terminal tipe B yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 7.924 meter persegi ini dilengkapi fasilitas kedatangan dan keberangkatan.

Daddy mengatakan, Terminal Ciledug sekarang jauh dari kesan kumuh dan bau. Kondisi terminalnya sejauh ini dinilai paling megah. “Terminal Ciledug tergolong mewah. Bahkan, Gubernur Ridwan Kamil sempat berseloroh bahwa Terminal Ciledug layaknya bangunan mal,” ujar Daddy.

Sebagaimana dilansir Pemprov Jabar, Terminal Ciledug juga dilengkapi fasilitas untuk berdagang, sehingga bisa dimanfaatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain itu, ada fasilitas pelayanan publik lainnya, seperti tempat pemeriksaan kesehatan dan pengurusan kartu tanda penduduk (KTP).

Daddy mengatakan, Terminal Ciledug ini nantinya bisa dimanfaatkan warga dari daerah lainnya juga di wilayah timur Cirebon, seperti dari Pabedilan, Babakan, juga Losari.

Bahkan, warga dari luar provinsi pun dapat memanfaatkan terminal yang letaknya tidak jauh dari gerbang tol Ciledug arah Jawa Tengah tersebut. Seperti warga dari Brebes. 

“Terminal Ciledug secara nyata akan memperlancar perpindahan orang dari dan ke wilayah tersebut,” kata Daddy.

Dengan begitu, Daddy menilai, keberadaan Terminal Ciledug juga dapat mendukung aktivitas perekonomian. Menurut dia, adanya terminal tersebut dapat menjadi salah satu pendorong roda perekonomian di wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.

“Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Cirebon dan Jawa Barat pun diharapkan akan meningkat juga,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement