Rabu 26 Jul 2023 17:45 WIB

Ayah Bunuh Anak di Depok Divonis Mati, Istri: Saya Ikut Keputusan Hakim

Istri pelaku masih menjalani terapi untuk menghilangkan trauma dari mengingat kejadia

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus Yulianto
Tersangka pembunuh anak dan penganiaya istri di Kelurahan Jatijajar, Kota Depok, Rizky Noviyandi Achmad.
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Tersangka pembunuh anak dan penganiaya istri di Kelurahan Jatijajar, Kota Depok, Rizky Noviyandi Achmad.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Rizky Noviyandi Achmad, terdakwa kasus pembunuhan anak kandung dan penganiayaan istri di Kota Depok, divonis mati Pengadilan Negeri (PN) Depok, Kamis (20/7/2023). Salah satu korban yang juga istri Rizky, Nila Islamiati (31 tahun) akhirnya buka suara soal putusan tersebut.

Nila mengatakan, tidak menuntut hukuman apapun untuk Rizky, meski dirinya telah dianiaya hingga kritis dan salah seorang anaknya dibunuh. Sejak awal, dia mengaku, akan mengikuti apapun keputusan hakim.

"Saya mah ikutin apa kata Hakim-Jaksa aja. Saya nggak menuntut dihukum mati, saya terima apa kata jaksa udah putusannya gitu, menerima begitu," jelas Nila Islamiati saat ditemui di rumah kerabatnya di Sukmajaya, Depok, Rabu (26/7/2023).

Saat ditanya tentang pesan yang ingin disampaikan kepada Rizky, dia mengaku, belum bisa berkata banyak soal kasus ini. Hingga kini dirinya masih menjalani terapi untuk menghilangkan trauma dari mengingat-ngingat kejadian tragis tersebut. "Susah, masih trauma," katanya.

Dia mengatakan, ingin berfokus menjalani hidup bersama satu anaknya yang tidak menjadi korban. Dia bahkan ingin kembali beraktivitas seperti membuka usaha, tapi hingga kini belum terwujud karena kondisinya belum pulih secara penuh.

"Pengen kerja lagi, tapi belum bisa tangannya belum normal. Ada keinginan usaha juga, kuliner," ujarnya.

Dalam persidangan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjelaskan luka fatal yang diterima Nila. Rizky disebut telah membacok leher Nila sebanyak satu kali, kepala sebanyak tiga kali, wajah disayat satu kali dan punggung dibacok sebanyak dua kali.

Hasil fisum bahkan menjelaskan berbagai luka bacokan yang diderita NI pada Selasa (1/11/2022). Berbagai robekan dari kepala hingga punggung diderita korban karena bacokan yang dilakukan Rizky.

"Luka robek di atas mulut sebelah kiri sampai pipi kiri sampai ke telinga kiri, luka robek di leher atas, luka robek di tangan kiri, luka robek di pergelangan tangan dan ada luka robek pada seluruh atas kepala sampai ke bawah. Luka robek di punggung bahu sebelah kiri, luka robek di telunjuk tangan kiri, luka robek di jari manis tangan kiri, luka robek di jari kelingking tangan kiri dan luka robek di punggung kiri diakibatkan benda tajam. Karena cedera tersebut korban mendapat cacat berat," ungkap JPU Kejari Depok, Alfa Dera saat sidang pembacaan tuntutan di PN Depok, Rabu (14/6/2023). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement