Sabtu 29 Jul 2023 13:28 WIB

Aparat Desa di Indramayu Dilatih Literasi Digital

Aparatur desa merupakan garda depan dalam pembangunan pemerintah yang cerdas. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Puluhan aparat desa di Kabupaten Indramayu diberikan pelatihan peningkatan kesadaran literasi digital (Website Desa) dan keamanan informasi.
Foto: Dok Diskominfo Indramayu
Puluhan aparat desa di Kabupaten Indramayu diberikan pelatihan peningkatan kesadaran literasi digital (Website Desa) dan keamanan informasi.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Puluhan aparat desa di Kabupaten Indramayu diberikan pelatihan peningkatan kesadaran literasi digital (Website Desa) dan keamanan informasi. Pelatihan itu diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) serta University Technology MARA Malaysia

Kepala Bidang Penataan dan Kerja Sama Desa pada DPMD Indramayu, Kadmidi, mengatakan, aparatur desa merupakan garda depan dalam pembangunan pemerintah yang cerdas. ‘’Kegiatan ini sangat penting karena sekarang kita harus mengelola penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Indramayu dengan berbasis digital, untuk mewujudkan smart governance,’’ kata Kadmidi, Sabtu (29/7/2023).

Kadmidi mengungkapkan, sesuai dengan amanat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, pengembangan desa cerdas (smart village) dilakukan untuk mempercepat pembentukan desa mandiri. Untuk itu, Bupati Indramayu, Nina Agustina mencetuskan program unggulan Ledig (Lebu Digital).

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPNVJ, Ermatita menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Indramayu atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Menurut Ermatita, tujuan kegiatan itu adalah dalam rangka meningkatkan peran penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Kabupaten lndramayu.

‘’Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian dari UPN Veteran Jakarta kepada masyarakat di Kabupaten Indramayu,’’ kata Ermatita. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement