Ahad 06 Aug 2023 13:35 WIB

Momen Milad ke-25 Rumah Zakat, Catat Rekor Muri Senam Lansia Serentak

Selain Desa Ramah Lansia, Rumah Zakat berencana menggulirkan Pesantren Lansia.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) mengikuti senam lansia saat #BergerakNyata Fest yang digelar Rumah Zakat di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/8/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) mengikuti senam lansia saat #BergerakNyata Fest yang digelar Rumah Zakat di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Lembaga filantropi Rumah Zakat memperingati Milad ke-25 dengan menggelar #BergerakNyata Fest di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/8/2023). Festival itu disemarakkan agenda senam yang melibatkan warga lanjut usia (lansia).

Senam lansia itu digelar serentak di 138 titik di Indonesia, yang melibatkan 16 ribu orang. Kegiatan itu mencatatakan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) untuk senam lansia serentak di lokasi terbanyak.

Baca Juga

Kehidupan para lansia menjadi perhatian Rumah Zakat. Untuk itu, Rumah Zakat menggulirkan program Desa Ramah Lansia, yang bertujuan untuk mendorong warga lansia dari keluarga prasejahtera agar tetap sehat, aktif, dan produktif. 

CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha menjelaskan, Desa Ramah Lansia merupakan salah satu program pemberdayaan Rumah Zakat dalam bidang kesehatan, yang mengoptimasi dana infak dan sedekah dari masyarakat.

“Selain senam, para lansia yang dibina juga mendapatkan layanan kesehatan, makanan tambahan, dan juga home care,” ujar Irvan.

​​Irvan mengatakan, Rumah Zakat juga tengah menyiapkan program Pesantren Lansia. Dengan berbagai program ini, ia berharap Rumah Zakat dapat memotivasi masyarakat untuk turut memperhatikan para warga lansia di lingkungan sekitarnya.

Dengan begitu, para warga lansia dapat terjaga kesehatannya dan bisa terus produktif. Diharapkan dapat dihilangkan pandangan warga lansia tak produktif, bahkan menjadi beban. “Mereka ini luar biasa ya, di beberapa Desa Berdaya kita para lansia ini, alhamdulillah, masih sehat produktif ya,” ujar Irvan.

 

photo
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) mengikuti senam lansia di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/8/2023). - (Abdan Syakura/Republika)

 

Selain program kesehatan, selama 25 tahun Rumah Zakat juga menggulirkan program-program pendidikan, ekonomi, lingkungan, hingga program terkait kebencanaan. 

Atas nama Rumah Zakat, Irvan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada Rumah Zakat, sehingga bisa menyalurkan bantuan dan melakukan program pemberdayaan kepada sekitar 46,7 juta penerima manfaat di berbagai wilayah Indonesia.

Program pemberdayaan tersebut dilakukan secara terintegrasi di 1.735 Desa Berdaya.

Alhamdulillah, hingga saat ini Rumah Zakat mendapatkan kepercayaan dari 739 ribu donatur dan 103 mitra korporat, serta komunitas yang bersinergi melalui beragam program kebaikan yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals). Saat ini, seluruh program pemberdayaan Rumah Zakat berkontribusi pada delapan goals dan 29 indikator SDGs,” kata Irvan. 

 

photo
Sejumlah warga memanfaatkan layanan cek metabolik gratis pada kegiatan Milad ke-25 Rumah Zakat di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/8/2023). Dalam memperingati Milad ke-25, Rumah Zakat menggelar #BergerakNyata Fest yang diisi dengan berbagai kegiatan, seperti senam lansia, pemeriksaan kesehatan gratis, konser amal, fun games, dan bazar UMKM serta produk binaan. - (Abdan Syakura/Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement