Ahad 06 Aug 2023 22:50 WIB

PMI Kabupaten Sukabumi Salurkan Ribuan Liter Air Bersih ke Cisande

Warga yang membutuhkan bantuan air bersih bisa menghubungi PMI Sukabumi.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) PMI menyalurkan bantuan air bersih.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
(ILUSTRASI) PMI menyalurkan bantuan air bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berupaya membantu masyarakat yang kesulitan air bersih pada musim kemarau ini. PMI Kabupaten Sukabumi sudah menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di wilayah Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan.

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito mengatakan, penyaluran bantuan air bersih itu berdasarkan permintaan warga. “Di lokasi tersebut, warga sudah kesulitan mendapatkan air bersih, bahkan untuk mendapatkannya harus mencari hingga ke luar desa,” ujar Hondo di Sukabumi, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga

Menurut Hondo, bantuan air bersih yang disalurkan mencapai sekitar 2.547 liter. Bantuan air yang diangkut menggunakan truk tangki itu disebut didistribusikan ke tiga RT di Kampung Cikukulu.

PMI Kabupaten Sukabumi bersiaga membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan air bersih. Untuk itu, PMI berkoordinasi dengan PDAM Kabupaten Sukabumi, serta memanfaatkan sumur-sumur yang debit airnya masih tinggi dan layak untuk dikonsumsi.

PMI Kabupaten Sukabumi juga berkoordinasi dengan PMI Jawa Barat terkait penyediaan kendaraan untuk penyaluran bantuan air bersih.

“Untuk sementara ini, dalam penyaluran air bersih, kami menggunakan skala prioritas, di mana lebih mengutamakan daerah-daerah yang warganya sudah sangat kesulitan mendapatkan air bersih, serta jumlah jiwa yang terdampak,” ujar Hondo.

Staf Humas PMI Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin mengatakan, warga yang membutuhkan bantuan air bersih bisa menghubungi PMI ataupun langsung mendatangi Markas PMI Kabupaten Sukabumi di Cibolang, Kecamatan Cisaat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement