Jumat 04 Aug 2023 18:58 WIB

Sejumlah Desa di Enam Kecamatan Kabupaten Bogor Kekurangan Air Bersih

BPBD Kabupaten Bogor bersiaga menyalurkan bantuan air bersih.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penyaluran bantuan air bersih.
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
(ILUSTRASI) Penyaluran bantuan air bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menerima pengajuan bantuan air bersih dari sejumlah desa di enam kecamatan. Bantuan air bersih itu diajukan dari desa di wilayah Kecamatan Jonggol, Jasinga, Nanggung, Cibungbulang, Cijeruk, dan Cisarua.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Asep Sulaeman mengatakan, ada sejumlah desa di enam kecamatan itu yang mengalami kekurangan air bersih. Namun, kata dia, belum terjadi kekeringan. “Intinya sih bukan kekeringan, tapi kekurangan air bersih. Kalau kekeringan sudah melanda luas, masuk pertanian,” kata Asep, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga

Menurut Asep, kekurangan air bersih itu juga tidak terjadi di seluruh desa pada satu kecamatan. Ia mengatakan, BPBD Kabupaten Bogor sudah menindaklanjuti pengajuan bantuan air bersih itu.

“Iya, tidak di semua desa. Misal, Kecamatan Cisarua, kan enggak semua desa (kekurangan air), hanya Desa Kopo saja. Itu pun Kopo kami sudah kirim air dua ritase. Akhirnya ke daerah lain kita juga harus dipenuhi air bersihnya,” kata Asep.

Asep mengatakan, secara umum, kekurangan air bersih ini disebabkan dampak musim kemarau yang dipengaruhi fenomena El Nino. Menurut dia, di beberapa daerah kekurangan air bersih mulai terjadi sejak Mei lalu. Namun, kata dia, sejauh ini kekurangan air bersih hanya di beberapa desa saja, tersebar di enam kecamatan.

“Tapi, kalau dari 40 kecamatan (di Kabupaten Bogor kekurangan air bersih), itu mengerikan. Ini kan enam kecamatan yang meminta air bersih ke kita,” ujar Asep.

Asep mengatakan, BPBD Kabupaten Bogor bersiaga menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu, BPBD sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, juga PDAM. BPBD pun terbuka apabila ada pihak swasta yang akan membantu pemenuhan kebutuhan air bersih warga.

“Kita juga sudah dibantu PDAM yang siap air bersih, tidak sendiri. Jadi, kalau ada pihak swasta yang ingin kerja sama, masih bisa kerja sama dengan kita. Tinggal proses penyalurannya, daerah mana yang diprioritaskan,” kata Asep.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Bogor melaporkan, pada awal Agustus ini dilakukan pendistribusian total 55 ribu liter air bersih ke sejumlah daerah di wilayah Kecamatan Jonggol, Cibungbulang, dan Jasinga. Sekitar 25 ribu liter dilaporkan didistribusikan untuk lima kampung di Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol.

Kemudian sekitar 25 ribu liter air bersih disalurkan ke Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang, dan sekitar 5.000 liter air bersih ke satu kampung di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement