Rabu 09 Aug 2023 12:03 WIB

Ridwan Kamil Sebar Ratusan Duta SWJ untuk Promosikan Desa Wisata Jabar

Para duta SWJ diminta membuat konten pariwisata dan mempromosikannya di media sosial.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat Pelepasan Smiling West Java (SWJ) Ambassador atau duta promosi pariwisata 2023 di Gedung Youth Center Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat Pelepasan Smiling West Java (SWJ) Ambassador atau duta promosi pariwisata 2023 di Gedung Youth Center Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil terus mendorong upaya mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya, termasuk desa wisata. Untuk itu, dikerahkan Smiling West Java (SWJ) Ambassador atau duta promosi pariwisata Jabar.

Tahun ini, para SWJ Ambassador, yang sebelumnya sudah mendapatkan pembekalan materi dan pendampingan, disebar untuk membuat konten desa wisata di Jabar dan mempromosikannya lewat media sosial.

Baca Juga

“Begitu besarnya potensi pariwisata di Jawa Barat tak cukup bila promosi dilakukan tanpa partisipasi. Karena itu, kami melahirkan konsep Smiling West Java Ambassador, yaitu duta promosi pariwisata,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil melepas duta SWJ 2023 di Gedung Youth Center Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023). Pelepasan duta promosi pariwisata itu disaksikan sejumlah kepala dinas Pemprov Jabar, antara lain, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar, juga perwakilan perangkat daerah dari kabupaten/kota se-Jabar.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ridwan Kamil dideklarasikan sebagai pembina duta SWJ oleh para peserta. Ridwan Kamil mengatakan, duta SWJ tahun ini merupakan salah satu bentuk upaya pemberdayaaan masyarakat desa wisata dalam mempromosikan potensi pariwisata, budaya, maupun ekonomi kreatif di wilayahnya masing-masing.

 

photo
Suasana Pelepasan SWJ Ambassador 2023 di Gedung Youth Center Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023). - (Edi Yusuf/Republika)

 

Peserta duta SWJ 2023 disebut meningkat dari tahun sebelumnya. “Tahun lalu ada 108 orang yang ikut program ini. Sekarang minatnya semakin banyak. Dari sekian ribu pendaftar, kita luluskan 855 orang,” ujar Ridwan Kamil.

Ratusan duta SWJ terbagi dalam lima wilayah. Mencakup 101 peserta wilayah 1 (Purwakarta, Subang, Karawang), 167 peserta wilayah 2 (Bogor Raya), 108 peserta wilayah 3 (Ciayumajakuning), 314 peserta wilayah 4 (Bandung Raya), dan 161 peserta wilayah 5 (Priangan Timur).

Ridwan Kamil mengatakan, para duta SWJ ini tugasnya berkeliling dan berkoordinasi untuk membuat konten pariwisata. Karya para duta promosi pariwisata itu lalu diunggah lewat berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Tiktok, ataupun Youtube. “Atau di mana saja sehingga potensi Jawa Barat yang sangat banyak ini bisa dikembangkan oleh para SWJ Ambassador,” katanya.

Sebelumnya menjalankan tugasnya, para duta SWJ sudah dibekali materi fotografi, videografi, serta pengetahuan desa wisata dari para praktisi ahli. Pembekalan materi tersebut dilaksanakan pada Mei-Juni 2023 di lima lokasi berbeda, yaitu Teater Tertutup Dago Tea House Bandung, Gedung Creative Center Bogor, Gedung Creative Center Purwakarta, Gedung Creative Center Tasikmalaya, dan Gedung Creative Center Cirebon.

Mereka juga mendapat pendampingan dari alumni SWJ Ambassador 2022 untuk memproduksi konten di sejumlah destinasi wisata. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan para duta SWJ 2023 dapat menghasilkan karya terbaik untuk mempromosikan potensi desa wisata di 27 kabupaten/kota wilayah Jabar. 

Lewat karya para duta SWJ itu, diharapkan juga dapat menghidupkan ekonomi kreatif subsektor film dan fotografi serta menguatkan ekosistem ekonomi kreatif di Jabar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement