Sabtu 12 Aug 2023 17:21 WIB

Gerindra Klaim Sejumlah Partai akan Deklarasikan Prabowo Jadi Capres Bulan Ini

Dukungan disebut akan datang dari partai parlemen dan non-parlemen.

Rep: Febryan A/ Red: Karta Raharja Ucu
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Foto: Dok Kemenhan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengklaim sejumlah partai politik akan mendeklarasikan dukungan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Pilpres 2024 pada Agustus 2023. Ia berkata, dukungan akan datang kepada ketua umum Partai Gerindra itu dari partai parlemen dan non-parlemen.

"Dalam waktu pendek ini Insya Allah beberapa partai ramai-ramai, baik masing-masing (mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo). Insya Allah di bulan Agustus ini," ujar Muzani kepada wartawan kepada wartawan usai acara konsolidasi akbar pengurus Partai Gerindra Jakarta Selatan di Lapangan Blok S, Sabtu (12/8/2023).

Namun Muzani enggan mengungkap partai apa saja yang akan melabuhkan dukungan kepada Prabowo. Kendati begitu, dia menyebut berharap Partai Golkar segera mendeklarasikan mendukung Prabowo sebagai tindak lanjut atas pertemuan elite kedua partai beberapa hari lalu.

"Kami berharap Golkar akan mengambil keputusan lebih cepat dan tentu saja golkar adalah partai lama, partai kuat yang memiliki pengalaman politik segudang sehingga dukungan Golkar bagi Gerindra, bagi Prabowo sangat penting," kata Muzani.

Dia juga sempat menyinggung potensi dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dia menyebut, elite Partai Gerindra dan PAN kini berkomunikasi secara intensif. Dia menyebut, elite PAN kini sedang dalam proses penentuan arah dukungan, yang hasilnya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Terkait dukungan dari partai non-parlemen, Muzani enggan mengonfirmasi soal Partai Gelora yang mengaku sudah membuat keputusan mendukung Prabowo. Dia mengaku tidak ingin mendahului.

Partai-partai pengusung dan pendukung Prabowo tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Koalisi itu dibentuk oleh Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Belakangan, Partai Bulan Bintang (PBB) ikut bergabung usai mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo pada akhir Juli 2023 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement