Rabu 16 Aug 2023 14:48 WIB

32 Anggota Paskibraka Kota Sukabumi Dikukuhkan

Wali Kota Sukabumi berharap pelatihan Paskibraka dapat menjadi bekal ke depan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Sukabumi 2023 di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).
Foto: Dok Dokpim Setda Kota Sukabumi
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Sukabumi 2023 di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sudah mengukuhkan 32 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat Kota Sukabumi 2023. Paskibraka ini bersiap menjalankan tugas pengibaran bendera Merah Putih saat momen peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Pengukuhan anggota paskibraka ini dilakukan di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Selasa (15/8/2023). Saat itu hadir juga Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi.

Baca Juga

Anggota Paskibraka yang dikukuhkan wali kota itu sudah melalui seleksi ketat dan pelatihan yang intensif. “Peristiwa dikukuhkannya sebagai anggota pasukan pengibar duplikat bendera pusaka tingkat Kota Sukabumi kiranya dapat memberikan kebanggaan, sekaligus tanggung jawab untuk menjalankan amanah bangsa selaku paskibraka,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Fahmi mengatakan, tidak semua pelajar mempunyai kesempatan menjadi anggota paskibraka. Para anggota paskibraka ini merupakan para pelajar terpilih setelah melalui serangkaian seleksi ketat dengan berbagai latihan disiplin, keterampilan, wawasan kebangsaan, dan kesamaptaan.

Selepas menjalankan tugas pada momen 17 Agustus nanti, Fahmi berharap pendidikan dan pelatihan selama seleksi Paskibraka itu dapat menjadi bekal dalam menghadapi tantangan ke depan. Ia menilai, program Paskibraka ini dapat membentuk karakter identitas dan integritas pribadi yang akan berguna di masa depan.

Menurut Fahmi, program Paskibraka dapat menjadi contoh dalam membentuk karakter muda disiplin dan kesadaran akan potensi diri. Ia meyakini tiap-tiap individu diberikan berbagai potensi luar biasa dan sistem pendidikan yang baik mampu mengeksplorasinya untuk semakin menguatkan potensi itu.

Selain paskibraka, Fahmi mengatakan, masih ada program pendidikan lainnya yang dapat menjadi sarana untuk pengembangan potensi diri, seperti bidang pramuka, olahraga, maupun kesenian. 

“Saya berpesan kepada anggota paskibraka dan generasi muda untuk belajar menggali potensi dan membangun jejaring dan jauhkan aktivitas negatif yang akan menghancurkan masa depan,” kata Fahmi.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Sukabumi Yoga Swara Slamet mengatakan, 32 anggota paskibraka yang dikukuhkan itu dalam kondisi sehat setelah menjalani pemusatan latihan. Mereka disebut siap menjalankan tugas pada 17 Agustus mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement